TRANSPARANSI DAN KETERBUKAAN DPR, SEBUAH KENISCAYAAN

03-12-2009 / PIMPINAN

 

 

            Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan, reposisi DPR pasca amandemen UUD 1945 telah memberikan perubahan peran yang sangat besar bagi DPR. Reposisi itu memberikan arah bagi DPR untuk mengoptimalkan fungsi dan tugas-tugasnya.Di sisi lain, semua pelaksanaan tugas ini dipantau dan dimonitor oleh masyarakat yang sekarang ini semakin kritis.

            “Karena itu transparansi dan akuntabilitas parlemen (DPR) dalam bekerja adalah sebuah keniscayaan,” tandas Marzuki ketika menyampaikan sambutan pada acara diskusi Transparansi dan Akuntabilitas Parlemen, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (3/12).

            Dalam acara yang dihadiri Kepala UNDP Indonesia Hakan Bjorkman dengan pembicara anggota DPR RI Eva Kusuma Sundari dan Bambang Harimurti (editor eksekutif Tempo), dengan fasilitator mantan anggota DPR Darul Siska, Marzuki mengatakan transparansi dan akuntabilitas adalah perwujudan pertanggungjawaban para wakil rakyat, tidak hanya kepada konstituennya, tetapi juga pada rakyat Indonesia secara keseluruhan.

            Sedangkan, bentuk-bentuk transparansi yang dilakukan antara lain, membuat laporan tahunan DPR, dan laporan lima tahunan. Laporan ini dapat diakses kepada public sehingga public dapat menyimak, merespons dan mengkritisi setiap langkah DPR.

            Sejalan dengan UU Keterbukaan Informasi Publik, maka sudah pada tempatnya rapat-rapat dewan bersifat terbuka. Rapat-rapat dilakukan di gedung DPR agar masyarakat dan Pers dapat mengikutinya terutama pada saat membahas Rancangan Undang-undang.

            Ketua Dewan juga mengatakan, dalam program kegiatan alat-alat kelengkapan DPR, selain Raker dan RDP dengan para menteri dan jajarannya perlu diperbanyak rapat-rapat dengar pendapat umum dengan masyarakat, agar dapat dilakukan dialog untuk membangun keterbukaan yang lebih luas.

            “DPR akan mewujudkan gagasan sistem dan pola yang lebih tepat dengan mengagendakan adanya satu hari dalam masa sidang yang disebut hari rakyat. Pada hari itu para anggota dapat berkomunikasi langsung dengan rakyat dalam rangka membangun karakter untuk lebih banyak menyerap aspirasi rakyat, “ ujarnya.

            Lebih lanjut Marzuki Alie mengatakan, rapat-rapat badan anggaran diharapkan bisa terbuka untuk dapat didengar dan diikuti masyarakat agar kebijakan-kebijakan anggaran tidak menimbulkan kecurigaan yang tidak perlu.

            Pimpinan Dewan dari Partai Demokrat ini juga menegaskan, Sistem Manajemen Informasi Parlemen harus ditata dan dibenahi agar transparansinya dapat terwujud. “Saya sependapat dengan keinginan masyarakat agar parlemen bersih dari korupsi perlu adanya system yang memungkinkan akuntabilitas masing-masing anggota dapat diukur secara transparan,” katanya lagi.

            Untukitu, alat komunikasi yang sudah canggih sekarang ini seperti web site mulai digunakan oleh anggota dan alat-alat kelengkapannya untuk terwujudnya transparansi.

            Kalau perlu,lanjut Ketua DPR, tata tertib DPR bisa disempurnakan lagi agar mekanisme kerja lebih terarah, terukur khususnya pada saat rapat-rapat kerja dengan mengedepankan prinsip keterbukaan. (mp,tt) 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Resmi Terima Perppu Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19
02-04-2020 / PIMPINAN
DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) untuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan...
DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri
31-03-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi...
Akhiri Reses, DPR Fokus Penanganan dan Dampak Covid-19
30-03-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019-2020, pada Senin...
DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Pekan Depan
27-03-2020 / PIMPINAN
DPR RI memutuskan tidak memperpanjang Masa Reses Persidangan II dan akan menggelar Rapat Paripurna dimulainya Masa Persidangan III, pada Senin...