INDONESIA DUKUNG PERJUANGAN PALESTINA

14-12-2009 / PIMPINAN

 

 

            Indonesia mendukung penuh perjuangan Palestina yang berusaha lepas dari penjajahan Israel. Hal itu diungkap Ketua DPR Marzuki Alie dan Wakil Ketua Marwoto Mitrohardjono saat menerima delegasi parlemen Palestina di ruang tamu Ketua DPR, Senin (14/12).

            Marzukie juga mengungkapkan keprihatinan atas yang dialami rakyat Palestina. Menurutnya, untuk dapat terlepas dari penjajahan Israel maka seluruh elemen yang ada di Palestina harus bersatu.

            Dalam pertemuan itu, Ketua DPR menyampaikan penyesalannya atas terpecahnya kelompok perjuangan Palestina dalam menghadapi Israel. Marzuki juga berharap negara-negara arab lainnya dapat memberi dukungan nyata terhadap perjuangan Palestina.

            ”Indonesia secara konsisten terus menerus mendukung perjuangan rakyat Palestina,” katanya.

            Lebih jauh, Ketua DPR menjelaskan bahwa dalam sidang Parlemen Asia yang baru berakhir minggu lalu, persoalan penyelasaian sengketa Israel-Palestina menjadi salah satu poin penting pembahasan.

            ”Ini sudah disampaikan dalam forum parlemen di Bandung,” jelas Marzuki.

            Hal senada diungkap Marwoto Mitrohardjono yang menegaskan bahwa Indonesia tetap konsisten memperjuangkan kemerdekaan penuh bagi Palestina. ”Indonesia selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina. Bahkan kami mendukung kalau Israel diajukan ke Mahkamah Internasional,” katanya.

            Anggota BKSAP yang juga duduk di Komisi I DPR Nurhayati Assegaf (F-PD) dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa dukungan Indonesia untuk Palestina tidak hanya secara lisan. Dalam Deklarasi Bandung Sidang Parlemen Asia, persoalan Palestina menjadi salah satu pembahasan.

            ”Ada satu poin khusus bahwa Palestina harus merdeka,” tegasnya saat ikut mendampingi Pimpinan Dewan menerima delegasi.

            Sementara itu anggota Parlemen Palestina menyatakan bahwa sikap Indonesia terhadap persoalan tersebut sangat membanggakan. ”Sikap Indonesia sangat membanggakan dalam membela Palestina,” ujar anggota parlemen Palestina.

            Dalam pertemuan itu, delegasi Palestina juga menjelaskan situasi terakhir dinegaranya. Menurut penjelasan, saat ini di sekitar Masjidil Aqso telah dibuat terowongan dalam jumlah banyak yang dilakukan pihak Israel.

            Selain itu, sampai sekarang masih ada 15 orang anggota parlemen Palestina yang ditahan pihak Israel.

            Lebih jauh, delegasi berharap Indonesia dapat lebih berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. (bs)

           


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Minta Distribusi APD dan Bansos Tepat Sasaran
07-04-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharanimenegaskan bahwa distribusi bantuan sosial (bansos) selama pandemi virus Corona (Covid-19) harus tepat sasaran....
DPR Resmi Terima Perppu Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19
02-04-2020 / PIMPINAN
DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) untuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan...
DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri
31-03-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi...
Akhiri Reses, DPR Fokus Penanganan dan Dampak Covid-19
30-03-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019-2020, pada Senin...