INDONESIA-THAILAND SIAP TINGKATKAN HUBUNGAN

14-12-2009 / PIMPINAN

 

            Indonesia dan Thailand siap meningkatkan hubungan kerjasama ekonomi dan pariwisata. Hal itu diungkap Wakil Ketua DPR Marwoto Mitrohardjono saat menerima kunjungan Duta Besar Thailand Akasid Amatayakul di ruang tamu Ketua DPR, Senin (14/12).

            ”Kedepan diharapkan hubungan kerjasama ekonomi Indonesia-Thailand dapat meningkat,” katanya.

            Marwoto menjelaskan bahwa pada pemerintahan sebelumnya, pernah ada delegasi Thailand yang bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla guna membicarakan peningkatan kerjasama ekonomi. Dari pihak Indonesia pun, himpunan pengusaha juga pernah melakukan kunjungan ke negeri tersebut.

            Selain peningkatan kerjasama ekonomi, Marwoto menjelaskan bahwa hubungan parlemen kedua negara juga berjalan baik. Salah satunya yang pernah dilakukan delegasi Indonesia ke Thailand adalah saat melakukan studi banding RUU Rahasia Negara.

            ”Kedepan makin solid,” tegasnya.

            Hal senada diungkap Sidarto Danusubroto, anggota Komisi I yang juga duduk di BKSAP. Menurutnya kerjasama kedua negara yang telah berlangsung lama terjalin baik. Dengan kedatangan Duta Besar ke DPR diharapkan hubungan kerjasama kedua negara akan semakin meningkat.

            Sementara itu Dubes Thailand Akasid Amatayakul menjelaskan ada sejumlah perusahaan Tahiland yang ikut berperan dalam peningkatan kerjasama ekonomi dengan Indonesia.

            Selain kerjasama ekonomi, potensi pariwisata yang dimiliki kedua negara juga menjadi perhatian kedua belah pihak. Akasid menkjelaskan saat ini telah ada penerbangan langsung dari Bangkok menuju Bali yang dilakukan setiap hari. (bs)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Resmi Terima Perppu Keuangan Negara untuk Penanganan Covid-19
02-04-2020 / PIMPINAN
DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) untuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan...
DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang Kepada Pinjaman Luar Negeri
31-03-2020 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku khawatir terhadap ketersediaan anggaran negara untuk menanggulangi...
Akhiri Reses, DPR Fokus Penanganan dan Dampak Covid-19
30-03-2020 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani akan memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2019-2020, pada Senin...
DPR Akan Gelar Rapat Paripurna Pekan Depan
27-03-2020 / PIMPINAN
DPR RI memutuskan tidak memperpanjang Masa Reses Persidangan II dan akan menggelar Rapat Paripurna dimulainya Masa Persidangan III, pada Senin...