PARLEMEN KOREA TAWARKAN KERJASAMA PEMBANGKIT TENAGA NUKLIR

11-01-2010 / BADAN ANGGARAN


                                                                                         

             Ketua Badan Anggaran Harry Azhar Azis mengatakan Prosedur Badan Anggaran Korea dapat menjadi bahan berguna bagi parlemen Indonesia.

           "Kita jadi tahu bagaimana mengefektifkan anggaran seperti cost and benefitnya, kita akan pelajari dan melihat prosedurnya,"papar Harry saat menerima ketua delegasi Komisi Strategi dan Keuangan Parlemen Korea Park Jong Keun, di Gedung Nusantara II, Senin, (11/1).

Harry menambahkan, kerjasama ekonomi yang ditawarkan Korea patut kita apreasiasi apalagi sebanyak 32 ribu warga Korea bekerja di Indonesia. "sementara untuk kerjasama teknologi nuklir kita masih akan melihatnya termasuk kelompok-kelompok yang masih belum menyetujui termasuk kesiapan infrastrukturnya,"paparnya.

Menurut Harry, Korea mengapresiasi peran DPR dari sisi anggaran sehingga selama krisis Indonesia dapat bertahan sejauh ini. "Pertama mereka merasa Indonesia semakin berkembang dan maju juga mereka respek kepada perekonomian Indonesia,"terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Korea menawarkan kerjasama pembangunan pembangkit energi nuklir guna mengantisipasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat. Menurut Park Jong Keun, dengan pertumbuhan target ekonomi Indonesia mencapai 7 persen karena itu membutuhkan kebutuhan energi yang tidak sedikit. "Biaya pembangunan nuklir oleh Korea lebih murah 20 persen dibandingkan negara perancis, selain itu di Korea terkenal dari sisi keamanannya,"paparnya.

Park menambahkan,Korea juga menyediakan alih teknologi guna mempersiapkan SDM lokal dalam menangani pembangkit tenaga nuklir tersebut. "Indonesia negara yang kaya akan sumber daya alam apabila adanya kerjasama kedua negara maka akan saling menguntungkan kedepannya,"terangnya.(si)
   


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Harus Ada Altenatif Sumber Pendapatan Selain Menaikan Cukai Rokok
16-09-2019 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Alex Indra Lukman menuturkan bahwa pemerintah sudah seharusnya mencari alternatif penambahan pendapatan lain, selain...
Banggar Setujui Postur Sementara TKDD 2020
12-09-2019 / BADAN ANGGARAN
Badan Anggaran (Banggar) DPR RI akhirnya menyetujui postur sementara Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dalam RAPBN 2020 sebesar...
Banggar Setujui Pagu Anggaran Kemenko Kemaritim TA 2020
09-09-2019 / BADAN ANGGARAN
Setelah melakukan pendalaman dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Badan Anggaran DPR RI akhirnya menyetujui pagu anggaran Kementerian Koordinator Bidang...
Subsidi Elpiji 3 KG Harus Tepat Sasaran
04-09-2019 / BADAN ANGGARAN
Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menegaskan, penyaluran subsidi elpiji 3 kilogram (KG) harus tepat sasaran. Pasalnya,...