Pemerintah Diminta Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan

25-08-2016 / BADAN ANGGARAN

Badan Anggaran DPR RI melaporkan hasil rekomendasi Panitia Kerja (Panja)‎ perumus kesimpulan, dalam rangka pembicaraan tingkat I tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2015. Laporan di sampaikan saat Rapat Kerja Banggar dengan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. 

 

Wakil Ketua Banggar DPR Jazilul Fawaid‎ membacakan hasil rekomendasi Panja, dia menyampaikan, Banggar DPR meminta pemerintah agar mampu meningkatkan kapasitas laporan keuangan pemerintahan. 

 

"Pemerintah agar meningkatkan kualitas laporan keuangan terutama terhadap laporan keuangan Pemerintah Pusat, laporan keuangan Bendahara Umum Negara, laporan keuangan kementerian dan lembaga yang masih mendapat opini audit 'Wajar Dengan Pengecualian' atau ‎'Tidak Menyatakan Pendapat'," papar Jazilul di Ruang Rapat Banggar, Gedung DPR,  Jakarta, Kamis (25/8/2016) 

 

Selain itu ‎pemerintah juga diminta agar menyebarluaskan informasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) kepada masyarakat, menurut Jazilul hal tersebut dalam rangka peningkatan pemahaman terhadap pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan peningkatan penggunaan informasi LKPP‎.

 

Panja juga merekomendasikan kepada pemerintah agar meningkatkan kualitas pengelolaan dan keandalan penyajian aset pemerintah, agar penertiban aset yang meliputi inventarisasi, penilaian, pemanfaatan, dan legalitas aset tetap pada seluruh kementerian dan lembaga negara. 

 

Selanjutnya pemerintah diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatihan akuntansi dan laporan keuangan berbasis akrual dalam rangka peningkatan sumber berdaya manusia pada kementerian dan lembaga negara serta pemerintah daerah‎. (eko) foto:andri‎/mr.

BERITA TERKAIT
Azis Syamsudin Gantikan Kahar Muzakir
21-02-2017 / BADAN ANGGARAN
Kursi Ketua Badan Anggaran DPR RI kembali mengalami pergantian. Wakil Ketua DPR Fadli Zon (F-Gerindra) melantik Ketua Badan Angggaran DPR...
Rencana Super Holding Diharap Jadikan BUMN Lebih Lincah
25-10-2016 / BADAN ANGGARAN
Manajemen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terpisah-pisah menjadikan badan usaha ini sulit berkoordinasi. BUMN-BUMN di Negara lain saat ini...
Sepuluh Fraksi di Banggar Setujui RUU APBN 2017 Diputuskan di Paripurna
25-10-2016 / BADAN ANGGARAN
Rapat Kerja Badan Anggaran DPR RI dengan Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta...
Pemerintah Diharap Konsisten Membangun Kedaulatan Pangan
24-10-2016 / BADAN ANGGARAN
Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah, menilai kinerja dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf...

  • SHARES