Legislator Minta RUU Pertembakauan segera Dibawa ke Paripurna

17-11-2016 / BADAN LEGISLASI

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa meminta Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertembakauan untuk segera di bawa ke Paripurna untuk diputuskan menjadi RUU inisiatif DPR.

 

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II Th 2016-2017 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/06/2016). 

 

“Kami menantikan Pimpinan mengagendakan rapat Bamus untuk membahas RUU Pertembakauan itu agar di Paripurnakan menjadi usul inisiatif DPR sebagai bentuk integritas dan tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat,” tegas politisi dari F-PKB itu. 

 

Dalam interupsinya, Neng Eem juga mengungkapkan hal tersebut terkait dengan adanya animo dari masyarakat yang meminta RUU Pertembakauan segera ditindaklanjuti. Mengingat, pentingnya RUU tersebut bagi para petani dan pelaku industri lokal.

 

 “Kami melihat masyarakat memiliki ketertarikan yang besar terhadap RUU Pertembakauan, terkait ketersediaan bahan baku lokal. Terlebih lagi, national interestnya cukup besar karena melindungi petani dan industri tembakau lokal,” tandasnya.

 

Menanggapi usulan tersebut, Fahri Hamzah selaku pimpinan Rapat mengutarakan bahwa pimpinan DPR telah menyepakati RUU tersebut untuk segera ditetapkan menjadi usulan inisiatif DPR. “Kita akan segera bahas didalam penjadwalan Bamus (Badan Musyawarah). Oleh karena itu, ketika kita telah sepakati di Bamus, maka Pansus dan Komisi bisa bekerja untuk mendengar aspirasi masyarakat,” kata politisi dari F-PKS itu. (mur,ann)/foto:arief/iw.

BERITA TERKAIT
Baleg Siap Ambil Alih Revisi UU Narkotika
17-04-2017 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Firman Soebagyo mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan revisi UU Nomor 35 Tahun 2009...
Baleg Setujui RUU Larangan Praktik Monopoli
13-04-2017 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg)  DPR RI menyetujui revisi terhadap Rancangan Undang-Undang tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Persetujuan...
Baleg Terima DIM Revisi UU MD3 dari Pemerintah
11-04-2017 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menerima Daftar Inventaris Masalah (DIM) dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly terkait revisi terbatas...
Baleg Targetkan Revisi UU MD3 Rampung Pada Masa Sidang IV
05-04-2017 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menargetkan pembahasan revisi UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR,  DPR,  DPD,  dan DPRD (UU...

  • SHARES