DPR Akan Hadiri Sidang Tahunan Ke-25 APPF

13-01-2017 / B.K.S.A.P.

Delegasi DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam, Fadli Zon (F-Gerindra), akan menghadiri Sidang Tahunan ke-25 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) di Nadi, Fiji 15-19 Januari 2017 mendatang. Sidang Tahunan APPF kali ini mengambil tema “Parliamentary Partnerships for Peace and Security: SDGs 16”.

 

 

Pada APPF tahun ini, Indonesia juga akan memegang peranan penting, karena Ketua BKSAP DPR Nurhayati Ali Assegaf  (F-PD) akan menjadi co-chair bersama Ketua Parlemen Fiji, Dr. Jiko Luveni dalam APPF Women Parliamentarian Meeting.

 

Posisi Indonesia sebagai co-chair ini merupakan sebuah bentuk pengakuan terhadap peran aktif Indonesia dalam menginisiasi APPF Women Parliamentarian Meeting. Di sela-sela kegiatan persidangan, Indonesia juga akan mengadakan bilateral meeting dengan parlemen negara-negara sahabat antara lain: Jepang, Malaysia dan Kamboja.

 

Delegasi DPR yang turut serta dalam sidang ini diantaranya Anggota BKSAP Yoseph Umar Hadi (F-PD), Dwie Aroem Hadiati, (F-PG), Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (F-P Gerindra), Sartono Hutomo (F-PD) dan Desy Ratnasari (F-PAN).

 

Sebagaimana diketahui, APPF  di bentuk  atas gagasan Mantan Perdana Menteri Jepang dan Anggota Parlemen Jepang, Yang Mulia Yasuhiro Nakasone, dan beberapa orang diplomat senior Jepang lainnya dengan maksud agar para anggota parlemen se-Asia-Pasifik dapat berkumpul untuk membicarakan masalah-masalah bersama di kawasan Asia Pasifik.

 

Delegasi DPR RI berpartisipasi secara aktif dan kontinyu dalam Sidang Tahunan APPF sejak awal pembentukannya. Indonesia pernah mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara Sidang Tahunan ke-14 APPF yang diselenggarakan pada tanggal 15-20 Januari 2006 di Jakarta. Pada waktu itu, Sidang dihadiri oleh 273 anggota parlemen dari 22 negara anggota dan 1 negara peninjau. (BKSAP/sf), foto : dok/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Indonesia Akan Lakukan Kerja Sama dengan OECD
18-10-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua BKSAP DPR-RI Nurhayati Ali Assegaf bersama Mari Kiviemi, Deputi Sekretaris Jenderal Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada...
MoU BKSAP-Universitas Moestopo Ditandatangani
06-10-2017 / B.K.S.A.P.
Memorandum of Understanding(MoU) antara Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ditandatangani. Isi MoU ini adalah...
Tatanan Perdagangan Dunia Saat Ini Masih Jauh Dari Ideal
04-10-2017 / B.K.S.A.P.
Selama ini perdagangan lintas negara dipercaya memegang peran penting untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keuntungan ekonomi dan pembangunan yang...
DPR Dorong Parlemen Asia Selesaikan Krisis Rohingya
03-10-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua Delegasi DPR RI Rofi Munawar dalam sidang Executive Council pertama Perkumpulan Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA), mendorong parlemen Asia...