Agenda AIPA Bertujuan untuk Kesejahteraan Negara ASEAN

22-02-2017 / B.K.S.A.P.

Indonesia melalui BKSAP DPR RI akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara AIPA; Brunei Darussalam, Cambodia,  Lao People's Democrat, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam. Menurut Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, pertemuan akan diselenggarakan pada Juli 2017 ini. 

 

"Ketika kita menjadi tuan rumah, yang jelas kita harus bisa bermanfaat, tidak hanya bagi DPR RI tapi juga bagi rakyat Indonesia," ujar Nurhayati di ruang kerja Ketua BKSAP, Nusantara III, Rabu (22/2/2017). 

 

AIPA yang bisa juga disebut dengan Parlemen Regional ASEAN, lewat agenda-agenda yang diselenggarakanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN. 

 

"Nah bagaimana kita bisa meningkatkan kapasitas ASEAN untuk bisa mencapai kesejahteraan, tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk negara-negara ASEAN. Ini yang kita harapkan," papar Nurhayati.  

 

Dia juga menyampaikan, Indonesia akan mendorong AIPA bisa menjadikan ASEAN selevel Uni Eropa. "Jadi kita bersatu, kita sudah menjadi masyarakat ekonomi ASEAN," ungkap Nurhayati. 

 

Saat berbincang dengan Sekjen AIPA Isra Sunthornvut, Nurhayati juga menyampaikan bahwa tema yang akan menjadi tajuk pertemuan adalah keamanan maritim. "Keamanan maritim di regional, itu menjadi tema yang kita bahas," ucapnya. (eko,sc)/foto:naefurodji/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP Desak Pemerintah Implementasikan SDGs
12-12-2017 / B.K.S.A.P.
BKSAP melalui Panja SDGs yang merupakan salah satu Panja inisiasi dari DPR konsisten mendorong pemerintah agar segera menerapkan program SDGs...
BKSAP Kunker ke Tbilisi, Georgia Bahas SDGs
12-12-2017 / B.K.S.A.P.
Delegasi Kunjungan kerja BKSAP DPR RI yang dipimpin oleh Ketua BKSAP, DR. Nurhayati Ali Assegaf, M.SI, mengadakan kunjungan kerja ke...
Pengembangan Teknologi dan Inovasi Kunci Keberhasilan Ekonomi Swedia
08-12-2017 / B.K.S.A.P.
Wakil ketua BKSAP DPR RI Rofi Munawar. foto:dok/afr Berbagai isu strategis bagi peningkatan kerja sama perdagangan baik secara bilateral antara Swedia...
Trump Ceroboh Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel
07-12-2017 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi’ Munawar menilai tindakan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald...