Agenda AIPA Bertujuan untuk Kesejahteraan Negara ASEAN

22-02-2017 / B.K.S.A.P.

Indonesia melalui BKSAP DPR RI akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara AIPA; Brunei Darussalam, Cambodia,  Lao People's Democrat, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam. Menurut Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, pertemuan akan diselenggarakan pada Juli 2017 ini. 

 

"Ketika kita menjadi tuan rumah, yang jelas kita harus bisa bermanfaat, tidak hanya bagi DPR RI tapi juga bagi rakyat Indonesia," ujar Nurhayati di ruang kerja Ketua BKSAP, Nusantara III, Rabu (22/2/2017). 

 

AIPA yang bisa juga disebut dengan Parlemen Regional ASEAN, lewat agenda-agenda yang diselenggarakanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN. 

 

"Nah bagaimana kita bisa meningkatkan kapasitas ASEAN untuk bisa mencapai kesejahteraan, tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk negara-negara ASEAN. Ini yang kita harapkan," papar Nurhayati.  

 

Dia juga menyampaikan, Indonesia akan mendorong AIPA bisa menjadikan ASEAN selevel Uni Eropa. "Jadi kita bersatu, kita sudah menjadi masyarakat ekonomi ASEAN," ungkap Nurhayati. 

 

Saat berbincang dengan Sekjen AIPA Isra Sunthornvut, Nurhayati juga menyampaikan bahwa tema yang akan menjadi tajuk pertemuan adalah keamanan maritim. "Keamanan maritim di regional, itu menjadi tema yang kita bahas," ucapnya. (eko,sc)/foto:naefurodji/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Parlemen Paling Terbuka Se-Asean
09-08-2017 / B.K.S.A.P.
Koordinator Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Bernardo R. Agawin, sebuah penyedia jasa pengembangan teknologi untuk AIPA yang dinaungi lembaga swadaya...
Biro KSAP DPR Gelar Roadshow AIPA Connect
09-08-2017 / B.K.S.A.P.
Globalisasi telah menjadi faktor pendorong bagi meningkatnya interaksi antar negara dan masyarakat di dunia. Tantangan dan masalah yang dihadapi tidak...
Ketua BKSAP Terima Dubes Oman
26-07-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Nurhayati Ali Assegaf menerima Duta Besar Oman, Nagor Alsaid di ruang kerjanya, Gedung...
Parlemen Internasional Sayangkan Kurangnya Keterlibatan dalam Mekanisme Voluntary National Review
26-07-2017 / B.K.S.A.P.
  Beberapa anggota parlemen internasional menyayangkan kurangnya keterlibatan parlemen di dalam mekanisme Voluntary National Review (VNR) dari SDGs. Hal itu terungkap saat acara “Mobilizing...