BKSAP Dorong Semua Negara Berkontribusi Pada Masalah Pengungsi

22-02-2017 / B.K.S.A.P.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf mendorong semua negara untuk berkontribusi terhadap masalah pengungsi, walaupun bukan negara konflik atau tetangga negara konflik. Termasuk negara-negara yang belum meratifikasi Konvensi Internasional 1951 dan Protokol 1967 tentang Status Pengungsi.

 

Demikian dikatakan Nurhayati usai menerima Representative United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia, Thomas Vargas, dan Head of Regional Delegation The International Committee of the Red Cross (ICRC) Christoph Sutter, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

 

“Jadi meskipun belum meratifikasi konvensi, mereka harus peduli terhadap pengungsi. Mereka bisa membantu dengan pertolongan dan pendampingan, misalnya dengan mengirim bantuan pendidikan atau bantuan logistik,” kata Nurhayati.

 

Politisi F-PD itu menambahkan, sebagai Presiden Intenational Humanitarian Law (IHL) yang bekerjasama dengan UNHCR dan ICRC, ia harus memastikan seluruh negara melalui parlemennya untuk ikut mendukung dan membantu para pengungsi.

 

“Isu ini sudah menjadi isu yang sangat mengkhawatirkan. Meskipun Indonesia belum meratifikasi konvensi, tapi Presiden Jokowi sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri,” imbuh Nurhayati sembari mengatakan bahwa langkah penerbitan Perpres ini mendapat apresiasi dari UNHCR dan ICRC.

 

Sementara dalam Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) mendatang, Nurhayati memastikan pihaknya akan mengunjungi kamp pengungsi di Bangladesh.

 

“Kita ingin menggelar pertemuan di Bangladesh, karena di sana banyak pengungsi dari Rohingya. Kami ingin melakukan kunjungan di penampungan pengungsi,” tutup politisi asal dapil Jatim itu. (sf/sc)/foto:andri/iw.

 

BERITA TERKAIT
BKSAP Minta Bahrain Buka Kedubes di Indonesia
30-03-2017 / B.K.S.A.P.
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI meminta Parlemen Bahrain untuk segera membuka Kantor Kedutaan Besar Bahrain di Indonesia....
Mahasiswa Diharapkan Berani Masuk Politik
24-03-2017 / B.K.S.A.P.
     Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf menyerukan kepada mahasiswa untuk tidak anti terhadap politik,...
Tingkatkan Kerja Sama Indonesia-Maroko dengan Perdagangan Kopi
23-03-2017 / B.K.S.A.P.
Hubungan diplomatik antara Indonesia–Maroko sudah terjalin lama, namun tren perdagangan kedua negara hingga di penghujung 2016 masih sangat lemah. Penguatan...
Ketua BKSAP Terima Kunjungan Dubes Azerbaijan
21-03-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf menerima kunjungan Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Tamerlan Qarayev...

  • SHARES