Ketua DPR Paparkan Peran Diplomasi dan Penguatan Lembaga

23-02-2017 / PARIPURNA

Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan pidato penutupan masa sidang III tahun sidang 2016-2017 dalam rapat paripurna DPR RI yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/02/2017). Pada kesempatan tersebut ia memaparkan beberapa hasil kinerja dewan yang terkait dengan peran diplomasi parlemen dan mengenai penguatan kelembagaan DPR.

 

“Dalam peran diplomasi parlemen, DPR RI telah menghadiri sejumlah sidang dan konferensi organisasi parlemen internasional dan regional, diantara Sidang Asia Pasific Parliamentary Forum ke 25 di Natadola, Konferensi Parlemen negar-negara OKI ke 12 di Bamako, Konferensi Internasional ke 6 tentang dukungan bagi rakyat Palestina di Teheran, dan keterlibatan Wakil Ketua DPR RI Korpolkan sekaligus Ketua GOPAC yang menjadi pembicara dalam Forum Pertemuan Kaukus Pemimpin Politik Muda di Siem Reap Kamboja,” ucap pria yang akrab di sapa Setnov tersebut.

 

Ia menyampaikan, DPR RI juga telah menerima beberapa Ketua Parlemen negara sahabat sebagai tamu kehormatan, yakni Ketua Parlemen Korea Selatan Mr. Chung Sye Kyun, dan Ketua Majlis Syuro Arab Saudi Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh.

 

“Pertemuan dengan Ketua Majlis Syuro tidak hanya sekedar bertujuan untuk melanggengkan persahabatan kedua parlemen, namun juga untuk menindaklanjuti berbagai isu penting seperti kuota haji, tenaga kerja, perdagangan dan investasi,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjut Setnov, kunjungan tersebut juga dalam rangka persiapan kedatangan raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Azis ke Indonesia, yang rencananya akan berpidato didepan anggota DPR, DPD, dan MPR RI pada tanggal 2 Maret 2017 Mendatang.

 

“Dari sisi penguatan kelembagaan DPR RI, Pimpinan DPR bersama Pimpinan Fraksi telah mengadakan rapat konsultasi dengan Menteri Keuangan tentang rencana penataan kawasan komplek Gedung MPR, DPR, dan DPD RI, independensi dalam pengelolaan anggaran DPR RI, dan usulan program pembangunan daerah pemilihan,” pungkasnya. (dep,mp)/foto:andri/iw. 

 

BERITA TERKAIT
Penetapan Anggota KPAI Kedepankan Prinsip Meritokrasi
09-06-2017 / PARIPURNA
Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua Fadli Zon didampingi Taufik Kurniawan dan Fahri Hamzah menyetujui secara aklamasi 9 (sembilan)...
Asumsi Makro Tahun 2018 Dinilai Moderat
06-06-2017 / PARIPURNA
Asumsi makro didalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2018 yang telah disampaikan  pemerintah pada pertengahan Mei lalu,...
Rasio Pajak Tahun 2018 Diharapkan Lebih Tinggi
06-06-2017 / PARIPURNA
Setelah seluruh fraksi DPR RI menyampaikan pendapat mini terkait Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2018, kini...
Asumsi Makro Sektor Energi KEM-PPKF 2018 Dinilai Stagnan
31-05-2017 / PARIPURNA
Anggota Komisi VII DPR RI Rofi Munawar menanggapi target pemerintah dalam asumsi makro ekonomi sektor energi di tahun 2018 relatif...

  • SHARES