BKSAP DPR Terkesan dengan Kebijakan Kesehatan dan Pelayanan Sosial di Spanyol

27-02-2017 / B.K.S.A.P.

 

Ketua Delegasi BKSAP DPR ke Spanyol Dewi Asmara  mengatakan, kunjungannya ke negara itu karena kebijakan Spanyol terkait kesehatan dan pelayanan sosial dinilai sangat baik. Terutama karena Spanyol merupakan negara dengan komitmen yang sangat tinggi terhadap isu kesehatan dan pelayanan sosial.

 

Menurut Dewi Asmara, Delegasi menggelar pertemuan dengan Patxi López Álvarez yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Parlemen Spanyol dari Partai Sosialis Pertemuan berlangsung di Gedung Parlemen Spanyol, Madrid, Rabu (22/2) lalu, sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Delegasi BKSAP DPR RI ke Spanyol, 16 – 22 Februari 2017.

 

Dewasa ini, lanjut politisi Golkar ini, sebagaimana rilis dari Kedubes RI di Madrid Spanyol, Indonesia mempunyai perhatian yang lebih besar terhadap isu peningkatan kesehatan dan pelayanan sosial bagi masyarakat. Kunjungan ke Spanyol tersebut juga dimaksudkan sebagai benchmarking.

 

“Karena itu, Delegasi BKSAP DPR RI mengharapkan dapat memperoleh masukan dari Parlemen Spanyol terkait pengawasan pelaksanaan kebijakan Pemerintah Pusat di Daerah Otonom dalam bidang kesehatan dan pelayanan sosial,” jelasnya.

 

Dia menyampaikan  penghargaan kepada Patxi Lopez Alvarez dan para anggota Komisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Parlemen Spanyol yang telah menyampaikan secara rinci kebijakan dan ketentuan terkait sistem jaminan sosial di Spanyol.

 

Delegasinya sangat terkesan dengan kebijakan mendasar Spanyol dalam hal kesehatan dan pelayanan sosial yang harus memenuhi 3 syarat utama yakni pelayanan sosial yang diberikan Negara kepada masyarakat harus bersifat universal, gratuito, y calidad (universal, gratis, dan berkualitas).

 

Ketentuan tersebut menjamin bahwa Negara mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayan sosial yang terbaik bagi masyarakat. Delegasinya juga mencatat bahwa untuk terjaminnya pelaksanaan kebijakan tersebut, maka fungsi pengawasan Parlemen harus bekerja maksimal guna memastikan bahwa kebijakan yang telah disepakati bersama antara Parlemen dan Pemerintah Pusat dapat berjalan dengan baik di Daerah Otonom.

 

Delegasi juga berkesempatan menggelar pertemuan dengan Pimpinan dan anggota Komisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Parlemen Spanyol. Pertemuan tersebut juga mengkonfirmasi masukan yang telah diperoleh Delegasi dalam serangkaian pertemuan sebelumnya dengan Kementerian Kesehatan Spanyol dan dengan Organisasi Transplantasi Organ Nasional Spanyol (ONT). Direktur ONT, Rafael Matesanz telah mengundang Delegasi untuk meninjau langsung fasilitas transplantasi organ dan sistem koordinasi antar RS di seluruh Spanyol untuk distribusinya.

 

Delegasi sangat terkesan dengan kebijakan Spanyol yang dilaksanakan oleh ONT sebagai lembaga milik Pemerintah,  dalam membangun sistem koordinasi dengan seluruh RS di Spanyol, baik Pemerintah maupun swasta, yang memiliki fasilitas transplantasi organ, dan bahwa fasilitasi transplantasi organ disediakan oleh Pemerintah secara gratis. ”Baik pihak donor maupun penerima tidak diperbolehkan menerima atau memberi uang” demikian ditegaskan oleh Rafael Matesanz.

 

Selengkapnya Delegasi BKSAP DPR RI yang dipimpin oleh Dewi Asmara), beranggotakan Yayat Y. Biaro, Betti Shadiq Pasadigoe  dari Fraksi Partai Golkar,Okky Asokawati (Fraksi PPP), dan Handayani (Fraksi PKB). (mp)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Indonesia Akan Lakukan Kerja Sama dengan OECD
18-10-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua BKSAP DPR-RI Nurhayati Ali Assegaf bersama Mari Kiviemi, Deputi Sekretaris Jenderal Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada...
MoU BKSAP-Universitas Moestopo Ditandatangani
06-10-2017 / B.K.S.A.P.
Memorandum of Understanding(MoU) antara Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ditandatangani. Isi MoU ini adalah...
Tatanan Perdagangan Dunia Saat Ini Masih Jauh Dari Ideal
04-10-2017 / B.K.S.A.P.
Selama ini perdagangan lintas negara dipercaya memegang peran penting untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keuntungan ekonomi dan pembangunan yang...
DPR Dorong Parlemen Asia Selesaikan Krisis Rohingya
03-10-2017 / B.K.S.A.P.
Ketua Delegasi DPR RI Rofi Munawar dalam sidang Executive Council pertama Perkumpulan Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA), mendorong parlemen Asia...