Humas DPR Sosialisakan Peran Parlemen Kepada Mahasiswa PGRI

07-03-2017 / LAIN-LAIN

Humas DPR RI menerima kunjungan organisasi mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Selatan yang tergabung dalam Unit Aktivitas Mahasiswa (Unitas), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) di Operational Room, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (07/03/2017).

 

Kunjungan mahasiswa yang berjumlah 50 orang ini diterima langsung  Kepala Badan Keahlian Dewan Johnson Rajagukguk dan Kepala Bagian Humas Setjen DPR RI Dadang Prayitna  didampingi  Kepala Sub Bagian Penerangan Erna Agustinna.

 

Dalam sambutannya, Johnson menjelaskan  fungsi lembaga legislatif dalam pemerintahan serta mekanisme kerja Anggota DPR dalam melakukan fungsinya, yakni fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran. Ia juga menjelaskan, penambahan fungsi diplomasi di parlemen.

 

Menurutnya, fungsi diplomasi parlemen untuk mempermudah sinergi pemerintah dalam meningkatkan hubungan kerja sama antar parlemen. “Bukan direct diplomacy, karena yang mewakili negara untuk melakukan diplomasi adalah pemerintah. Namun, hal ini dalam rangka membantu kerja pemerintah,” jelas Johnson.

 

Selain itu dalam kesempatan tersebut, fungsi humas DPR turut menjadi perhatian para mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut. Mereka menanyakan bagaimana cara humas meningkatkan citra DPR yang cenderung negatif di mata masyarakat.

 

Terkait hal ini, Kabag Humas Dadang Prayitna menyampaikan bahwa humas bekerjasama dengan sejumlah media, baik media sosial maupun media mainstream guna mensosialisasikan kinerja parlemen.

 

Terlebih lagi, di era globalisasi saat ini parlemen telah melakukan reformasi kelembagaan menuju parlemen modern dengan mengusung asas transparansi. Dengan begitu, masyarakat bisa turut memantau langsung kegiatan anggota dewan.

 

“DPR merupakan lembaga yang sangat terbuka, berbeda dengan orde sebelumnya. Siapa saja bisa mengakses kegiatan anggota DPR, mulai dari agenda rapat, kesimpulan rapat hingga pembahasan RUU  bisa diakses langsung di web resmi DPR,” terangnya.

 

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Organisasi Kemahasiswaan Universitas Indraprasta PGRI Jaksel mengapresiasi atas edukasi politik yang diberikan oleh pihak kehumasan. Ia berharap, mahasiswa bisa mengimplementasikan apa yang telah disampaikan dari pihak terlibat langsung dalam ruang lingkup parlemen.

 

“Kami senang telah mendapat klarifikasi terkait kinerja parlemen, yang selama ini media hanya menonjolkan sisi negatif kepada masyarakat. Semoga ilmu yang didapatkan dalam sosialisasi tadi bisa diadopsi dan diterapkan di unit kegiatan kampus,” paparnya. (pw,ann)/foto:azka/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Timwas Pembangunan Daerah Perbatasan DPR Kunjungi Natuna
20-10-2017 / LAIN-LAIN
Tim Pengawas Pembangunan Daerah Perbatasan DPR RI yang dipimpin Sukiman mengunjungi Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan tersebut bertujuan untuk...
Natuna Titik Potensial Jadi Poros Maritim Dunia
20-10-2017 / LAIN-LAIN
Kabupaten Natuna dengan bentang alam yang luas terdiri dari 99,25 % lautan dan hanya sebesar 0,75% wilayah daratan, memiliki potensi...
Fasilitas di Talaud Harus Menjadi Fokus Pemerintah.
19-10-2017 / LAIN-LAIN
Fasilitas masyarakat seperti pendidikan, kesehatan dan perdagangan harus menjadi prioritas untuk pemerintah dalam memberikan kekhususan terhadap wilayah-wilayah daerah perbatasan terutama...
Pemda Talaud Harus Ubah Pola Pikir
19-10-2017 / LAIN-LAIN
Ketika di suatu daerah ada bandara dan sudah ada pusat-pusat perdagangan, masyarakat harus bisa mengubah pola pekerjaannya. Dari petani yang...