Humas DPR Terima Pelajar SD Tarakanita Gading Serpong

09-03-2017 / LAIN-LAIN

Bagian Humas DPR menerima kunjungan spelajar Sekolah Dasar (SD) Tarakanita Gading Serpong di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2017). Dalam kunjungan tersebut Tri Hastuti selaku Kasubag Pelayanan Publik didampingi staf Humas DPR Zoel Arif Iskandar menerima 160 generasi penerus untuk memperkenalkan lebih dekat lembaga negara DPR RI.

 

“Suatu kebangaan bagi kami bisa memperkenalkan lebih dekat tugas dan fungsi DPR kepada adik-adik secara langsung. Pendidikan politik memang perlu diajarkan sejak dini, semoga kunjungan adik-adik dapat bermanfaat dan menambah ilmu tentunya,” kata Tuti.

 

Lebih lanjut Tuti mengatakan, penjelasan mengenai sejarah hingga tugas DPR akan disampaikan oleh Arif, kemudian adik-adik akan diajak tour building di komplek parlemen untuk melihat ruang rapat Paripurna I, dimana Ketua DPR  menerima Raja Salman.  

 

Kemudian, Zoel sapaan akrab  Zoel Arif Iskandar memaparkan kepada para pelajar mengenai tanggungjawab para anggota DPR dalam menjalankan tiga fungsinya, yaitu anggaran, legislasi dan pengawasan. Selain itu Zoel juga menjelaskan mengenai sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia.

 

“Kami memperkenalkan lebih dekat peran dan fungsi DPR kepada para siswa. Salah satunya mengenai tanggung jawab para anggota DPR dalam memperjuangkan aspirasi konstituennya dalam sidang-sidang.  Diharapkan mereka lebih mengenal mekanisme kerja DPR dan bisa menjadi motivasi dan bekal di masa depan,”kata Zoel.

 

Momen seperti ini lanjut dia, bukan pertama kalinya para generasi penerus mengunjungi lembaga negara. “Kami memang sering menerima kunjungan para pelajar, dari SD hingga mahasiswa. Kami bangga bisa memperkenalkan dan mendekatkan DPR kepada generasi penerus, semoga kunjungan adik-adik ke sini dapat bermanfaat,”imbuhnya.

 

Forum diskusi berlangsung interaktif terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukaan para siswa/i yang hadir. Bahkan Cori Rahmawati selaku kepala sekola SD Tarakanita Gading Serepong  mengatakan dirinya berharap para siswa/i bisa mengenal secara konseptual dan belajar secara langusng tempat para wakil rakyat bersidang.

 

“Selama ini kan hanya melihat di televisi, diharapkan kalau datang langsung bisa mengenal dan mengaplikasikan nilai dan karakter yang bisa diambil  dari tugas seorang wakil rakyat, tugas yang sangat mulia karena mewakili rakyat,”harapnya. (rnm, mp)/foto:arief/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Formappi Usul Buat Kajian Urgensi Pembangunan Gedung DPR
22-09-2017 / LAIN-LAIN
Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengusulkan, untuk menghentikan kesimpangsiuran informasi yang diterima masyarakat terkait pembangunan gedung...
UU Pemilu Tidak Mengatur Kepala Daerah Terpilih Lalu Kena OTT KPK
19-09-2017 / LAIN-LAIN
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum tidak mengatur kepala daerah yang terpilih lalu kena Operasi Tangkap Tangan (OTT)...
Pengusaha Teri Nasi Lampung Terkendala Akses Permodalan
18-09-2017 / LAIN-LAIN
Pulau pasaran di Lampung sejak lama dikenal sebagai pulau penghasil ikan teri dan memiliki prospek menjanjikan. Salah satu jenis ikan...
Press Gathering Diharapkan Bantu Promosikan Potensi Ekonomi Kerakyatan
18-09-2017 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan Press Gathering Wartawan Koordinatoriat DPR RI diharapkan dapat membantu mensukseskan pembangunan serta mempromosikan...