BPK dan BPKP DIY Dorong Pemda Implementasikan SAP Berbasis Akrual

14-03-2017 / LAIN-LAIN

Kepala Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN) Badan Keahlian Dewan (BKD) Helmizar mengapresiasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah melakukan pemeriksaan kinerja atas efektifitas upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengimplementasikan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP) yang berbasis Akrual.

 

“BPK RI dan BPKP perwakilan DIY telah melaksanakan wewenang dan tanggung jawabnya dengan baik, yaitu berupaya agar Pemda siap melaksanakan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual,” katanya, saat memimpin Tim Studi Lapangan dan Analisisi Pelaksanaan serta Penerapan SAP berbasis Akrual di Kantor BPK perwakilan DIY, Jum’at (10/3/2017).  

 

Helmizar, menyampaikan pertemuan ini untuk  meminta data dan informasi mengenai SAP berbasis akrual yang sudah dilakukan oleh Kabupaten dan Kota yang ada di DIY. Hal ini untuk memantau pelaksanaan ketentuan Pasal 32 ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Peraturan Pemerintah (PP) No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah. Pasal 10 ayat (2) mengamanatkan, penerapan SAP berbasis akrual pada pemda paling lambat mulai tahun anggaran 2015.

 

“Setiap pemda dituntut untuk dapat melaporkan keuangan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku. Ini untuk mengetahui penyajian laporan keuangan dan kesiapan pemda dalam menyajikan laporan keuangan berdasarkan SAP berbasis akrual,” paparnya.

 

Kepala BPK RI Perwakilan DIY Yusnadewi menjelaskan, instansinya telah melakukan pemerikasaan kinerja atas efektifitas upaya pemda dalam mengimplementasikan standar akuntansi pemerintahan yang berbasis akrual, pada semester II Tahun 2015. Pemeriksaan dilakukan tematik, artinya seluruh Indonesia dilakukan pemeriksaan.

 

“Hampir seluruh perwakilan pada semester II itu melakukan pemeriksaan kinerja untuk akrual ini. Dan rata-rata setiap perwakilan itu punya 3 entitas yang kita sample. Kalau Yogyakarta ada 4 entitas, Provinsi DIY, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Slemen,” ungkapnya.

 

Yusnadewi menemukan masalah yang masih terjadi adalah komitmen regulasi dan kebijakannya sebagai upaya pemda dalam melaksanakan implementasi SAP berbasis Akrual dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu. kesiapan berupa jumlah sumber daya manusia pelaksana secara kuantitas masih belum cukup di setiap SKPD dan kesiapan perangkat pendukung yang belum teruji. 

 

Karena itu diperlukan adanya peningkatan kualitas dan jumlah SDM yang berlatar belakang pendidikan akuntansi yang sesuai dan pengadaan sosialisasi serta bimbingan teknik sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang andal dan transparan.

 

Dalam rangkaian studi lapangan ini, PKAKN BKD ini juga berkunjung ke  BPKP perwakilan DIY, untuk lebih mendalami peran badan pengawas ini melaksanakan supervisi dalam melakukan pendampingan dan fasilitasi terhadap akuntabilitas dan tata kelola di Pemerintah Daerah. Helmizar menegaskan hasil dari informasi dan data yang didapatkan akan dilakukan kajian ulang, kemudian disampaikan kepada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI.

 

Fauzi A. Kharir sebagai Koordinasi Pengawas bidang Akuntabilitas Pembangunan Daerah menyampaikan BPKP Perwakilan DIY mempunyai mitra di seluruh Pemda DIY dan 6 kabupaten dan kota di Jawa tengah (Kabupaten Klaten, Kabupaten Cilacap, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen).   

 

Pada Wilayah kerjanya, yang belum WTP menurut hasil pemeriksaan BPK ada 3 Pemda yaitu Kota dan Kabupaten Magelang serta Kabupaten Cilacap. Selain itu, pengelolaan keuangan yang menggunakan aplikasi SIMDA yang disiapkan BPKP yaitu Bantul dan Kulonprogo, dan seluruh wilayah mitra di Jawa tengah, dan Sleman baru tahun depan telah meminta SIMDA BPKP.

 

“Selain dengan SIMDA, BPKP juga melakukan pendampingan terhadap infrastruktur-infrastruktur pendukungnya seperti peraturan Bupati, sistem kepala daerah terkait kebijakan akuntansi. Kita hanya memfasilitasi saja tanpa bisa memaksa terkait kebijakan,” katanya. (as), foto : agung s/hr.

BERITA TERKAIT
BK DPR Beri Masukan Terkait Perubahan Tatib kepada DPRD Probolinggo
30-03-2017 / LAIN-LAIN
  Perubahan tata tertib (tatib) di DPRD dapat dilakukan jika ada perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi lagi, atau ada kebutuhan...
BKD Gelar Seminar Pemetaan Korupsi, Strategi Pencegahan dan Penindakannya
30-03-2017 / LAIN-LAIN
Kepala Badan Keahlian DPR RI Johnson Radjagukguk membuka seminar nasional yang bertema “Pemetaan Korupsi Di Lembaga Eksekutif, Legislatif Dan Yudikatif:...
Biro Pemberitaan Parlemen Raih Dua Penghargaan PRI Award 2017.
27-03-2017 / LAIN-LAIN
Program Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2017 memberikan dua penghargaan kepada Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI untuk kategori media internal sub kategori...
DPRD Probolinggo Konsultasi Raperda Ke BKD DPR RI
24-03-2017 / LAIN-LAIN
Kepala Badan Keahlian DPR RI (BKD) Johnson Rajagukguk menerima kunjungan DPRD Porbolinggo di Gedung Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu...

  • SHARES