Taufik Kurniawan Nilai Hak Angket e-KTP Kurang Tepat

15-03-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai hak angket terkait e-KTP dinilai kurang tepat. Ia  memahami bahwa hak angket ini suatu hak eksklusif DPR untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah. Hal tersebut  diungkapkannya usai mendampingi Ketua DPR RI Setya Novanto menerima kunjungan kehormatan Ketua Parlemen Thailand Pornpetch Wichitcholchai, Rabu (15/03/2016)

 

“Hak angket itu tujuannya adalah hak eksklusif yang dimiliki DPR terhadap hal konstitutional untuk fungsi pengawasan pada pemerintah. Jada arahnya adalah pemerintah,” ujar Taufik.

 

Meskipun begitu, Politisi PAN ini pun berpandangan bahwa hak angket untuk KPK ini dirasa kurang tepat. “Kalau hak angket untuk KPK menurut saya kurang tepat. Menurut saya ya. Tapi kan ya namanya politik,” ujar Taufik.

 

Ia  mempertanyakan tujuan hak angket tersebut untuk ditujukan kepada siapa, mengingat KPK adalah lembaga independen yang dibentuk dan pimpinannya dipilih berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan di DPR.  

 

“Dalam kacamata objektif itu hak angket guna kritisi pemerintah secara konsitusional. Nah kalau KPK kan sebuah lembaga yang dibuat DPR sendiri. Nah kalo diangketkan maka  ditunjukan kepada siapa,” tutur Taufik.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa beberapa pihak di DPR mengusulkan untuk mengajukan hak angket terkait kasus e-KTP. Namun, hal tersebut kini masih dalam perdebatan di internal DPR. (hs/sc) Foto : Naefuroji/od.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Adakan Kuis Dadakan, Novanto Beri Hadiah Sarung
20-10-2017 / PIMPINAN
Di sela-sela perjalanan ke Cirebon untuk menghadiri Haul dan Tasyakur ke-28 Pondok Pesantren Khas Kempek di Cirebon, Jawa Barat, Novanto...
Ketua DPR Dorong Masyarakat Beralih ke Transaksi Non Tunai
20-10-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto mendorong masyarakat pengguna jalan bebas hambatan untuk beralih ke transaksi non tunai (e-Toll). “DPR RI...
DPR Dukung Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali
20-10-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto bersama Pimpinan DPR lainya dan Ketua Banggar mendukung Perhelatan akbar Annual Meetings Internasional Monetary Fund...
Fadli Zon Terima Aduan Layanan BPJS dan Guru Honorer
20-10-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima pengaduan mengenai layanan BPJS Kesehatan dan belum jelasnya status guru honorer. Aduan terkait...