Taufik Kurniawan Nilai Hak Angket e-KTP Kurang Tepat

15-03-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai hak angket terkait e-KTP dinilai kurang tepat. Ia  memahami bahwa hak angket ini suatu hak eksklusif DPR untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah. Hal tersebut  diungkapkannya usai mendampingi Ketua DPR RI Setya Novanto menerima kunjungan kehormatan Ketua Parlemen Thailand Pornpetch Wichitcholchai, Rabu (15/03/2016)

 

“Hak angket itu tujuannya adalah hak eksklusif yang dimiliki DPR terhadap hal konstitutional untuk fungsi pengawasan pada pemerintah. Jada arahnya adalah pemerintah,” ujar Taufik.

 

Meskipun begitu, Politisi PAN ini pun berpandangan bahwa hak angket untuk KPK ini dirasa kurang tepat. “Kalau hak angket untuk KPK menurut saya kurang tepat. Menurut saya ya. Tapi kan ya namanya politik,” ujar Taufik.

 

Ia  mempertanyakan tujuan hak angket tersebut untuk ditujukan kepada siapa, mengingat KPK adalah lembaga independen yang dibentuk dan pimpinannya dipilih berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan di DPR.  

 

“Dalam kacamata objektif itu hak angket guna kritisi pemerintah secara konsitusional. Nah kalau KPK kan sebuah lembaga yang dibuat DPR sendiri. Nah kalo diangketkan maka  ditunjukan kepada siapa,” tutur Taufik.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa beberapa pihak di DPR mengusulkan untuk mengajukan hak angket terkait kasus e-KTP. Namun, hal tersebut kini masih dalam perdebatan di internal DPR. (hs/sc) Foto : Naefuroji/od.

BERITA TERKAIT
Ketua DPR Blusukan Ke Pasar Pandansari Kaltim
22-05-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto mengunjungi Pasar Tradisional Pandansari di Balikpapan, Kalimantan Timur untuk memantau harga sembako jelang bulan suci...
Harkitnas, Momentum Tingkatkan Semangat Persatuan
22-05-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto mengingatkan bahwa perayaan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati tiap 20 Mei untuk tidak saja...
Muhibah DPR ke Arab Saudi Lengkapi Revisi UU PPILN
22-05-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang juga Ketua Timwas TKI memimpin kunjungan muhibah ke Arab Saudi dan Uni Emirat selama...
Indonesia-Ukraina Bersepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan
19-05-2017 / PIMPINAN
Indonesia dan Ukraina bersepakat untuk meningkatkan kerja sama  di bidang pertahanan.  Kesepakatan ini terjalin saat Wakil Ketua DPR RI Fadli...

  • SHARES