Taufik Kurniawan Nilai Hak Angket e-KTP Kurang Tepat

15-03-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai hak angket terkait e-KTP dinilai kurang tepat. Ia  memahami bahwa hak angket ini suatu hak eksklusif DPR untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah. Hal tersebut  diungkapkannya usai mendampingi Ketua DPR RI Setya Novanto menerima kunjungan kehormatan Ketua Parlemen Thailand Pornpetch Wichitcholchai, Rabu (15/03/2016)

 

“Hak angket itu tujuannya adalah hak eksklusif yang dimiliki DPR terhadap hal konstitutional untuk fungsi pengawasan pada pemerintah. Jada arahnya adalah pemerintah,” ujar Taufik.

 

Meskipun begitu, Politisi PAN ini pun berpandangan bahwa hak angket untuk KPK ini dirasa kurang tepat. “Kalau hak angket untuk KPK menurut saya kurang tepat. Menurut saya ya. Tapi kan ya namanya politik,” ujar Taufik.

 

Ia  mempertanyakan tujuan hak angket tersebut untuk ditujukan kepada siapa, mengingat KPK adalah lembaga independen yang dibentuk dan pimpinannya dipilih berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan di DPR.  

 

“Dalam kacamata objektif itu hak angket guna kritisi pemerintah secara konsitusional. Nah kalau KPK kan sebuah lembaga yang dibuat DPR sendiri. Nah kalo diangketkan maka  ditunjukan kepada siapa,” tutur Taufik.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa beberapa pihak di DPR mengusulkan untuk mengajukan hak angket terkait kasus e-KTP. Namun, hal tersebut kini masih dalam perdebatan di internal DPR. (hs/sc) Foto : Naefuroji/od.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pengamanan Kompleks Parlemen Akan Ditata Ulang
15-12-2017 / PIMPINAN
Plt. Ketua DPR RI Fadli Zon saat melaksanakan sidak ke sejumlah sarana dan prasarana di Kompleks Gedung Parlemen. foto:Soeryanto/afr Plt. Ketua...
Posisi Fahri Hamzah Tak Bisa Diganggu Gugat
15-12-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan posisinya tak bisa diganggu, baik posisi dari keanggotaan DPR, anggota Partai Keadilan Sejahtera...
Pimpinan DPR RI Dukung Rencana Aksi Bela Palestina di Silang Monas
14-12-2017 / PIMPINAN
Pimpinan DPR RI mendukung Aksi Indonesia Bersatu Bela Palestina atau yang disingkat dengan Aksi Bela Palestina pada Minggu (17/12/2017. Hal...
Dubes Kamboja Kagumi Pancasila
14-12-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Politik, Hukum dan HAM, Fadli Zon menerima kunjungan Duta Besar Kamboja, HOR Nam Bora....