KPK Ditantang Buka Pihak Yang Kembalikan Uang Kasus e-KTP

16-03-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menantang KPK untuk membuka ke publik terkait nama pihak yang telah mengembalikan uang terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Politisi PKS ini menilai hal itu perlu dilakukan mengingat dakwaan dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) telah bocor ke publik. Demikian disampaikan Fahri Hamzah pada Rabu, (15/03/2017) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

 

"Sekarang saya mau nantang KPK, karena sudah membocorkan surat dakwaan dan BAP, sekarang tolong bocorkan semua nama yang terima uang dan mengembalikan uang,"  ujar Fahri.

 

Menurut Fahri, dengan tidak membuka nama-nama tersebut, KPK dianggap seolah melindungi pihak-pihak tertentu atau bermaksud menyerang orang-orang tertentu berdasarkan pesanan dari pihak yang tidak jelas. Ia pun menyinggung peran  Ketua KPK Agus Rahardjo dalam kasus tersebut.

 

 "Jangan lupa dia (Agus Rahardjo) kepala badan yang ditugaskan negara mempelajari setiap pengadaan barang dan jasa, setiap tender dan harus mengerti. Dan dia hadir di kantor Wapres, dipimpin Sofyan Djalil dan dia menyetujui tender dilanjutkan," ungkap Fahri.

 

Sebelumnya, sejumlah nama besar baik dari unsur legislatif maupun eksekutif disebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Namun, merasa ada beberapa kejanggalan dalam pengusutan kasus tersebut, Fahri Hamzah melempar wacana hak angket ke publik.

 

Hak angket diusulkannya untuk menginvestigasi lebih dalam mengenai proses tender e-KTP pada pemerintahan periode lalu. Namun, usulan hak angket tersebut masih diwarnai perbedaan pendapat antar fraksi-fraksi di DPR. (hs/sc) foto: Arief/od.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Adakan Kuis Dadakan, Novanto Beri Hadiah Sarung
20-10-2017 / PIMPINAN
Di sela-sela perjalanan ke Cirebon untuk menghadiri Haul dan Tasyakur ke-28 Pondok Pesantren Khas Kempek di Cirebon, Jawa Barat, Novanto...
Ketua DPR Dorong Masyarakat Beralih ke Transaksi Non Tunai
20-10-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto mendorong masyarakat pengguna jalan bebas hambatan untuk beralih ke transaksi non tunai (e-Toll). “DPR RI...
DPR Dukung Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali
20-10-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto bersama Pimpinan DPR lainya dan Ketua Banggar mendukung Perhelatan akbar Annual Meetings Internasional Monetary Fund...
Fadli Zon Terima Aduan Layanan BPJS dan Guru Honorer
20-10-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima pengaduan mengenai layanan BPJS Kesehatan dan belum jelasnya status guru honorer. Aduan terkait...