KPK Ditantang Buka Pihak Yang Kembalikan Uang Kasus e-KTP

16-03-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menantang KPK untuk membuka ke publik terkait nama pihak yang telah mengembalikan uang terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Politisi PKS ini menilai hal itu perlu dilakukan mengingat dakwaan dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) telah bocor ke publik. Demikian disampaikan Fahri Hamzah pada Rabu, (15/03/2017) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

 

"Sekarang saya mau nantang KPK, karena sudah membocorkan surat dakwaan dan BAP, sekarang tolong bocorkan semua nama yang terima uang dan mengembalikan uang,"  ujar Fahri.

 

Menurut Fahri, dengan tidak membuka nama-nama tersebut, KPK dianggap seolah melindungi pihak-pihak tertentu atau bermaksud menyerang orang-orang tertentu berdasarkan pesanan dari pihak yang tidak jelas. Ia pun menyinggung peran  Ketua KPK Agus Rahardjo dalam kasus tersebut.

 

 "Jangan lupa dia (Agus Rahardjo) kepala badan yang ditugaskan negara mempelajari setiap pengadaan barang dan jasa, setiap tender dan harus mengerti. Dan dia hadir di kantor Wapres, dipimpin Sofyan Djalil dan dia menyetujui tender dilanjutkan," ungkap Fahri.

 

Sebelumnya, sejumlah nama besar baik dari unsur legislatif maupun eksekutif disebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Namun, merasa ada beberapa kejanggalan dalam pengusutan kasus tersebut, Fahri Hamzah melempar wacana hak angket ke publik.

 

Hak angket diusulkannya untuk menginvestigasi lebih dalam mengenai proses tender e-KTP pada pemerintahan periode lalu. Namun, usulan hak angket tersebut masih diwarnai perbedaan pendapat antar fraksi-fraksi di DPR. (hs/sc) foto: Arief/od.

BERITA TERKAIT
Ketua DPR Temui Para Pemudik di Stasiun Senen
22-06-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto menemui para pemudik di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta. Apresiasi disampaikan Novanto kepada PT....
Ketua DPR Berharap Tak Ada Gangguan Telekomunikasi
22-06-2017 / PIMPINAN
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Ketua DPR RI Setya Novanto berharap, masyarakat tidak dikhawatirkan dengan adanya gangguan telekomunikasi. Telkomsel sebagai...
Jalan Tol Salatiga Diharapkan Tidak Mengulang Masalah Seperti Brexit
21-06-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto berharap, difungsikannya ruas jalan tol Salatiga pada mudik lebaran 2017 ini dapat memberikan kemudahan...
DPR Minta Frekuensi Penerbangan ke Bandara Ahmad Yani Ditambah
21-06-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Agus Hermanto meminta Angkasa Pura I untuk menambah frekuensi penerbangan...

  • SHARES