Setjen Ingin Wujudkan Museum DPR Modern

17-03-2017 / LAIN-LAIN

Museum DPR RI akan menjadi Museum Modern yang memuat berbagai jenis barang-barang bersejarah mengenai perjalanan Parlemen Indonesia dari masa ke masa. Museum ini diharapkan menjadi wahana pengetahuan dan tempat belajar bagi generasi bangsa dalam mengetahui penyelenggaraan negara oleh wakil rakyat di DPR.

 

Kepala Bidang Arsip dan Museum Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR Lili Trisnaningsih mempunyai misi menjadikan museum DPR menjadi yang modern, yang dapat mempresentasikan dan menggambarkan perpolitikan, demokrasi, dan pembangunan bangsa Indonesia.  

 

“Museum DPR menjadi milik bangsa dan bisa mempresentasikan dan menggambarkan politik dan demokrasi bangsa Indonesia.  Museum DPR perlu dikemas jadi Museum Modern,” katanya, saat Forum Group Discussion (FGD) Permuseuman dengan tema "Registrasi, Database dan Dokumentasi Koleksi Museum", di Gedung Nusantara I DPR, Kamis (16/3/2016).

 

Lili Trisnaningsih mengatakan, dalam mewujudkan Museum DPR yang modern, selain dukungan sember daya manusia (SDM), juga diperlukan dukungan Pimpinan Dewan, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Setjen DPR.

 

“Untuk peningkatan dan pengembangan Museum DPR ini perlu dukungan SDM dan dukungan dari pihak pimpinan sekertariat Jendral, pimpinan dewan, dan BURT baik secara dukungan politis, rencana strategis, maupun anggaran,” jelasnya.

 

Menurut Lili, yang masih jadi kendala yang dihadapi Museum DPR adalah masih terbatasnya ruang museum dan kurangnya SDM.“Ruang yang terbatas membuat banyak koleksi museum yang tidak dapat ditampilkan, dan jumlah SDM dan kualitas serta jumlah SDM perlu ditingkatkan,” tekan dia.

 

Kepala Bidang Registrasi dan Dokumentasi Museum Nasional Ita Yulita sebagai narasumber FGD, menilai Museum DPR termasuk museum sejarah yang biasa dikembangkan. Dengan demikian pengunjung berantusias untuk melihat dan belajar mengenai Lembaga Perwakilan Rakyat.

 

“Keberadaan museum DPR saya sendiri melihat bagus, apalagi Museum DPR termasuk museum sejarah, dimana pengunjung dapat melihat bagaimana perkembangan parlemen di Indonesia dari masa ke masa,” ungkapnya.

 

Lebih Lanjut, Ita Yulita menekankan museum DPR ini harus dikemas agar dapat lebih menarik dengan melakukan pengelolaan museum dengan lebih baik dan mencari benda-benda yang memenuhi syarat sebagai koleksi museum DPR,” tegasnya. (as) Foto:Jaka/od.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
PIA DPR Bangun dan Resmikan Pondok Baca di Salatiga
11-12-2017 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Umum PIA (Persaudaraan Isteri Anggota) DPR RI Grace Fadli Zon prihatin atas rendahnya minat baca di Indonesia. Atas dasar...
IIFPG DPR RI Gelar Baksos di Ngemplak Boyolali
08-12-2017 / LAIN-LAIN
Ketua IIFPG (Ikatan Isteri Fraksi Partai Golkar) DPR RI Lisa Robert Kardinal menilai Masjid selain sebagai sebuah sarana beribadah juga...
Sosialisasi Penyusunan Risalah Rapat dan Pembentukan Jabatan Fungsional
30-11-2017 / LAIN-LAIN
Bidang Risalah Pusat Data dan Informasi Setjen dan Badan Keahlian DPR RI menyelenggarakan Sosialisasi tentang penyusunan risalah rapat dan pembentukan...
ASN Setjen DPR Diminta Menjaga Netralitas dan Meningkatkan Profesionalitas
29-11-2017 / LAIN-LAIN
Ketua Korpri Setjen DPR Mardian Umar saat pidato acara HUT Korpri ke-46 di Lobby Nusantara DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu...