Delegasi DPR Suarakan Energi Alternatif dan Konservasi Lingkungan

26-04-2017 / B.K.S.A.P.

Indonesia berkomitmen untuk mengedepankan konsumsi energi yang sejalan dengan SDGs dan ramah lingkungan (clean energy). Secara perlahan, Indonesia juga mengurangi subsidi bahan bakar fosil dan mendorong penggunaan energi alternatif.

 

Demikian dikatakan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar, saat memimpin Delegasi DPR  pada Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Manama, Bahrain, 24-27 Maret 2017.

 

Untuk itu, ia meminta negara-negara anggota APA menjalin kerjasama untuk mengembangkan energi ramah lingkungan (clean energy), dapat diperbarui dan terjangkau melalui inisiatif penelitian bersama dan transfer teknologi.

 

“Parlemen Asia perlu mendorong pengembangan energi matahari, air dan angin,” tegas Anggota Komisi VII itu.

 

Selain itu, terkait isu lingkungan, politisi F-PKS itu mengapresiasi negara-negara anggota APA yang berkomitmen dengan semua instrumen hukum internasional guna melindungi dan melestarikan lingkungan. Namun, ia menggarisbawahi peran swasta (private sector) untuk berpartisipasi menjaga lingkungan.

 

“Kami menekankan semua pihak termasuk sektor swasta agar memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Pihak swasta yang merusak dan mencemari lingkungan seharusnya dijerat secara hukum,” desak politisi asal dapil Jawa Timur itu.

 

Sebagaimana diketahui, Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs tersebut diikuti 22 parlemen dari Asia. Isu-isu lain yang dibahas adalah terkait air dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan peran parlemen untuk memastikan terwujudnya target-target SDGs. Parlemen Asia juga memuji DPR RI yang memiliki Panja SDGs. (sf/sc) Foto: BKSAP.dok/od.

BERITA TERKAIT
BKSAP Dorong Pemerintah Lakukan Aksi Nyata dalam Konflik Palestina
25-07-2017 / B.K.S.A.P.
Konflik antara Palestina dengan Israel pasca dipasangnya metal detector di Masjid Al-Aqsa Palestina, telah menyedot perhatian dunia, termasuk Indonesia. Permasalahan...
Panja KER BKSAP Bentuk Tim Kecil, Sikapi Soal Sawit
25-07-2017 / B.K.S.A.P.
Panja Ekonomi Regional (KER) BKSAP akan membentuk tim kecil yang bertujuan untuk mendapatkan masukan secara lengkap terkait Pelarangan sawit Indonesia...
Titi Soeharto Dilantik Jadi Wakil Ketua BKSAP
20-07-2017 / B.K.S.A.P.
Anggota Fraksi Golongan Karya (F-Golkar) Siti Hediati Soeharto dilantik menjadi Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) di Ruang BKSAP,...
AIPA Caucus ke-9 Hasilkan Sejumlah Rekomendasi
20-07-2017 / B.K.S.A.P.
Sidang AIPA Caucus ke-9 yang dihadiri 35 anggota parlemen dari sepuluh negara anggota Asean,  sukses terselenggara di Jakarta, dengan DPR...

  • SHARES