Dewan Dukung Polri Bongkar TPPO Berkedok Pengiriman TKI

27-04-2017 / PANITIA KHUSUS

Anggota Tim Pengawas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak kepolisian dalam mencegah sekaligus menindak Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok pengiriman TKI ke Timur Tengah pada Rabu, 26 April 2017 di Klinik Zam Zam Condet, Jawa Timur.

 

“Saya mengapresiasi dan mendukung langkah Polri yang aktif terlibat dalam pencegahan sekaligus penindakan TPPO berkedok pengiriman TKI dengan memberikan sanksi pidana sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Rieke melalui rilis yang diterima parlementaria, Kamis (27/04/2017).

 

Lebih lanjut, Rieke menjelaskan Operasi ‘penggeledahan’ yang dilakukan pihak Kepolisian dan Dinas Kesehatan di Klinik Zam Zam Condet, Jakarta Timur tersebut dilakukan berdasarkan penelusuran indikasi TPPO ke Timur Tengah atas sejumlah TKI, salah satunya ke Suriah.

 

TKI yang menjadi korban itu, lanjut Rieke disinyalir mendapatkan visa dari kedutaan negara penerima TKI setelah dinyatakan lulus tes kesehatan di Klinik Zam Zam, sekitar bulan Oktober 2016. Medical Check up memang salah satu persyaratan bagi calon TKI untuk dapat berangkat ke negara penempatan.

 

“Saya mendukung Kemenkes untuk segera mencabut ijin operasi dari klinik-klinik yang digunakan sebagai salah satu mata rantai pengiriman TKI unprocedural. Apalagi, Indonesia sudah menyatakan moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah sejak 1 Agustus 2011 Dengan demikian pengiriman yang terjadi hampir dapat dipastikan unprocedural. Artinya, menjadi salah satu bukti kuat telah terjadi TPPO,” terangnya.

 

Terkait hal itu, Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu meminta pihak Kepolisian untuk tidak peti es-kan hasil operasi yang dilakukan tersebut. Sebab, diduga klinik-klinik yang digunakan untuk medical check up para calon TKI merupakan salah satu pintu terjadinya TPPO. Bahkan, ada indikasi ada klinik medical check up digunakan pula sebagai penampungan para calon TKI ke Timur Tengah. (rnm/sc)/foto:naefurodji/iw. 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Pansus Angket KPK Sambangi Rumah Sekap di Depok dan Kelapa Gading
14-08-2017 / PANITIA KHUSUS
Usai melihat langsung kondisi fisik rumah aman (safe house) KPK yang ditunjukan oleh saksi Niko Panji Tirtayasa, Pansus Hak Angket...
Pansus KPK Pastikan Kondisi Fisik Rumah Sekap
11-08-2017 / PANITIA KHUSUS
Ada dua hal yang menjadi tujuan Pansus Angket KPK DPR RI melakukan tinjauan langsung ke rumah aman (safe house) KPK,...
Pengakuan Niko Terbukti, Rumah Sekap Memang Ada
11-08-2017 / PANITIA KHUSUS
Setelah melihat secara langsung fisik bangunan yang disebut sebagai rumah sekap, akhirnya Pansus Angket KPK memastikan bahwa yang disebut rumah...
Para Akademisi Teliti Keberadaan KPK
11-08-2017 / PANITIA KHUSUS
Para akademisi dari berbagi kampus akan meneliti keberadaan KPK dari berbagai perspektif dengan objektif dan rasional. Hasil penelitian ini kelak...