Hentikan Stigma Anti Toleransi Sesama Anak Bangsa

16-05-2017 / PIMPINAN

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengajak semua pihak untuk menghentikan stigma anti toleransi sesama anak bangsa. Ia menghimbau kepada seluruh Warga Negara Indonesia untuk kembali ke semangat sumpah pemuda.

 

“Hentikan stigmatisasi isu anti toleransi sesama anak bangsa, itu pointnya. Jangan dilebar-lebarkan terus mengenai sikap intoleransi apapun. Kita kembali pada semangat jiwa komitmen sumpah pemuda, yakni berbangsa, berbahasa, dan bertanah air satu Indonesia. Itu adalah komitmen nasional NKRI kita,” tandas Taufik di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/05/2017).

 

Taufik mengatakan, yang menjadi sumber permasalahan adalah karena semakin tidak terkendalinya berita-berita hoax, kemudian akhirnya membuat rakyat menjadi bingung, sehingga saling memberikan rasa curiga dan prasangka yang melebar kemana-mana.

 

“Artinya, sekarang ini seolah-olah kita digiring pada asumsi bahwa ada pada krisis toleransi yang terjadi di negara kita. Padahal saya sebagai Pimpinan DPR dan kader partai sudah berkeliling ke seluruh Indonesia, dan tidak ada yang sifatnya natural dari rakyat, ini tinggal dikalangan elitnya saja,” jelasnya.

 

Taufik menghimbau agar menyerahkan sepenuhnya masalah keamanan NKRI kepada aparat TNI dan Polri, dan menjauhkan stigmatisasi yang mengesankan adanya anti toleransi kebhinekaan di Indonesia.

 

“Kita harus kembali kepada semangat sumpah pemuda. Terkait dengan adanya isu penistaan agama dan sebagainya, itu konteksnya berbeda, sebab hal itu konteksnya adalah pidana,” pungkasnya. (dep/sc)/foto:iwan armanias/iw. 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Rapat 5 Jam Hasilkan Data Konkret Perbatasan
19-10-2017 / PIMPINAN
Tim Pengawas Pembangunan Daerah Perbatasan yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Talaud, Sulawesi...
DPR Dorong Penguatan Anggaran Riset dan Beasiswa Bidikmisi
18-10-2017 / PIMPINAN
Dewan Perwakilan Rakyat mendorong Pemerintah, khususnya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk memberikan dukungan anggaran di bidang riset...
Ketua DPR Yakin Integritas Anggota Komnas HAM Terpilih
17-10-2017 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Setya Novanto menilai bahwa ketujuh anggota Komnas HAM merupakan orang-orang yang memiliki integritas dan sudah teruji dengan...
Sidang IPU ke 137 Terima Resolusi Rohingya
16-10-2017 / PIMPINAN
Setelah memenangkan voting dengan 1.027 dukungan dalam sidang ke-137 Inter Parliamentary Union (IPU), proposal Emergency items terkait krisis Rohingya yang...