Revisi UU PPTKILN Perkuat Peran BNP2TKI

17-05-2017 / PIMPINAN

DPR akan memperkuat peran Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam rangka menuntaskan persoalan  TKI yang bermasalah di luar negeri.

 

"Panja RUU PPTKILN sudah hampir menyepakati pasal krusial,  yaitu memperkuat status badan BNP2TKI, dan pembagian tugas Kementerian Tenaga Kerja dan BNP2TKI, " ujar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, saat berdiskusi dengan Warga Indonesia yang bermukim di Arab Saudi, dan LSM TKI, di KJRI Arab Saudi, Selasa Malam, (16/5/2017).

 

Fahri menambahkan, BNP2TKI nantinya akan bertanggung jawab langsung kepada presiden sementara Kementerian Tenaga Kerja hanya regulator saja.  "Saat ini fungsi diplomasi Konsulat Jenderal di luar negeri banyak hilang karena banyak mengelola masalah tenaga kerja ini," paparnya.

 

Dia menambahkan, seharusnya BNP2TKI mengurusi one stop service semua persoalan tenaga kerja di luar negeri sementara Konjen hanya urusi masalah diplomasi saja. "Kedutaan yang banyak mengurusi persoalan TKI seperti Hongkong, Arab Saudi dan Malaysia kadang fungsi diplomasi tidak maksimal, misalnya saja di Malaysia karena banyak mengurusi soal TKI maka hubungan bilateral dengan Malaysia menurun,"jelasnya.

 

Selain itu, tambah Fahri, ada beberapa usulan pasal di dalam Revisi UU TKI yaitu menambah pasal pengembalian tanggung jawab negara terhadap TKI sampai negara asalnya dan pasal reintegrasi bagi para TKI yang dipulangkan.

 

"Kalau para TKI ini dipulangkan begitu saja maka mereka tidak memiliki apa-apa, jadi harus ada semacam asuransi untuk mereka, selain itu juga ada reintegrasi bagi TKI yang dipulangkan tersebut, seperti perbedaan kebudayaan juga kerap menimbulkan culture shock bagi mereka," terangnya. (si/sc) Foto : Sugeng/od.      


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ketua DPR Minta Kemenkeu dan BI Antisipasi Gejolak Rupiah
25-04-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) mampu menyiapkan langkah-langkah antisipatif demi menjaga stabilitas nilai tukar...
Ketua DPR Minta Ombudsman Buka Temuan TKA Serbu Kendari
25-04-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Ombudsman RI untuk menjelaskan secara terbuka kepada publik atas temuannya yang menyebutkan bahwa setiap...
Fadli Zon: Pertunjukkan Seni untuk Tingkatkan Kunjungan Wisman
25-04-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan pertunjukkan kesenian wayang orang merupakan salah satu dari upaya mempromosikan kebudayaan Indonesia. Menurutnya,...
Kopi dan Teh Indonesia Harus Mendunia
25-04-2018 / PIMPINAN
Produksi kopi dan teh termasuk coklat (kakao) Indonesia harus kembali mendunia. Dahulu, kopi dan teh Indonesia merajai pasar ekspor dunia....