Revisi UU PPTKILN Perkuat Peran BNP2TKI

17-05-2017 / PIMPINAN

DPR akan memperkuat peran Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam rangka menuntaskan persoalan  TKI yang bermasalah di luar negeri.

 

"Panja RUU PPTKILN sudah hampir menyepakati pasal krusial,  yaitu memperkuat status badan BNP2TKI, dan pembagian tugas Kementerian Tenaga Kerja dan BNP2TKI, " ujar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, saat berdiskusi dengan Warga Indonesia yang bermukim di Arab Saudi, dan LSM TKI, di KJRI Arab Saudi, Selasa Malam, (16/5/2017).

 

Fahri menambahkan, BNP2TKI nantinya akan bertanggung jawab langsung kepada presiden sementara Kementerian Tenaga Kerja hanya regulator saja.  "Saat ini fungsi diplomasi Konsulat Jenderal di luar negeri banyak hilang karena banyak mengelola masalah tenaga kerja ini," paparnya.

 

Dia menambahkan, seharusnya BNP2TKI mengurusi one stop service semua persoalan tenaga kerja di luar negeri sementara Konjen hanya urusi masalah diplomasi saja. "Kedutaan yang banyak mengurusi persoalan TKI seperti Hongkong, Arab Saudi dan Malaysia kadang fungsi diplomasi tidak maksimal, misalnya saja di Malaysia karena banyak mengurusi soal TKI maka hubungan bilateral dengan Malaysia menurun,"jelasnya.

 

Selain itu, tambah Fahri, ada beberapa usulan pasal di dalam Revisi UU TKI yaitu menambah pasal pengembalian tanggung jawab negara terhadap TKI sampai negara asalnya dan pasal reintegrasi bagi para TKI yang dipulangkan.

 

"Kalau para TKI ini dipulangkan begitu saja maka mereka tidak memiliki apa-apa, jadi harus ada semacam asuransi untuk mereka, selain itu juga ada reintegrasi bagi TKI yang dipulangkan tersebut, seperti perbedaan kebudayaan juga kerap menimbulkan culture shock bagi mereka," terangnya. (si/sc) Foto : Sugeng/od.      

BERITA TERKAIT
Islam Sangat Menghargai Pluralisme
24-05-2017 / PIMPINAN
  Islam adalah agama yang sangat toleran dan menghargai pluralisme. Dalam konteks Indonesia kontemporer, Umat Islam Indonesia sangat mengakui kebhinekaan bangsa...
Wakil Ketua DPR Fadli Zon Terima Dubes Venezuela
24-05-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima Duta Besar Venezuela, Gladys Francisca Urbaneja Duran di Ruang Kerjanya Gedung Nusantara III,...
Perlu Terobosan pada Industri Perbukuan
24-05-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, perlu ada terobosan pada industri perbukuan, khususnya buku konvensional atau buku cetak. Sehingga akan...
Bom Bunuh Diri di Manchester Ancaman Bagi Kemanusiaan
24-05-2017 / PIMPINAN
Duka kembali menyelimuti dunia khususnya Kota Manchester, Inggris. Kurang lebih 20 orang tewas dan 50 orang lainnya luka-luka akibat ledakan...

  • SHARES