Komisi V Apresiasi Penataan Terminal Purabaya

19-06-2017 / KOMISI V

Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin M. Said memberikan apresiasi atas keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melakukan penataan di Terminal Purabaya, Surabaya dalam mengantisipasi arus mudik lebaran tahun 2017. Demikian disampaikan saat kunjungan kerja ke Surabaya, Kamis (15/06/2017).

 

Ia berharap ini dapat dipertahankan sampai arus balik Lebaran. Mengingat dari sarana dan prasarana yang disiapkan juga sudah cukup baik.  “Saya mengapresiasi Kementerian Perhubungan dan jajaran karena penataan terminal dan kesiapan sarana dan prasarana sudah cukup bagus. Berharap bisa dipertahankan sampai arus balik,” jelas Muhidin.

 

Apresiasi tersebut didapat usai Komisi V mendapatkan penjelasan langsung dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga ikut mendampingi rombongan Komisi V.  Menhub menyebut sebanyak 24 persen angkutan bus di Terminal Purabaya belum layak. Oleh karena itu Menhub menegaskan bus yang tidak layak jalan tidak boleh beroperasi.

 

“Dari hasil ramp check (uji kelaikan) bus, 76 persen laik jalan dan 24 persen tidak laik jalan, bus yang belum laik jalan tidak boleh beroperasi,” tegas Menhub.

 

Menhub menargetkan sebanyak 80 persen bus di Terminal Purabaya layak jalan pada masa angkutan lebaran. Menurutnya itu sudah mencukupi kebutuhan bus pada masa angkutan lebaran.

 

Oleh karena itu untuk mencapai target tersebut Menhub meminta kepada pengelola terminal untuk membuka counter ramp check.  “Masyarakat dihimbau untuk naik bus yang lulus uji ramp check angkutan lebaran, demi keselamatan bersama,” tutup Menhub Budi Karya.

 

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan Komisi V DPR Muhidin M. Said mengapresiasi keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melakukan penataan terminal dan kesiapannya dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2017. Muhidin pada kesempatan yang sama juga meminta agar harga tiket bus selama masa angkutan lebaran dipantau secara ketat.

 

Usai meninjau Terminal Purabaya Bungurasih, Menhub dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Perak. Sebelumnya, Menhub juga meninjau kesiapan Bandara Juanda, Sidoarjo. (hs/sc), foto : hendra/hr.

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BIJB Harus Bernuansa Kearifan Lokal
23-02-2018 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Agung Budi Santoso menaruh harapan pada Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berlokasi di Kertajati,...
Ditjen Perkeretaapian Diminta Inventarisir Titik Rawan Longsor Jalur Bogor-Sukabumi
22-02-2018 / KOMISI V
Ketua Tim Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto bersama rombongan melakukan peninjauan ke lokasi bencana longsor di Kampung Maseng,...
Jalan Nasional di Bayah Rusak Akibat Aktivitas Semen Merah Putih
21-02-2018 / KOMISI V
Ketua Tim Kunjungan Kerja sekaligus Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menanggapi positif paparan Gubernur Provinsi Banten dan...
Kawasan Kumuh di Banten Jadi Perhatian Komisi V DPR
21-02-2018 / KOMISI V
Tim Kunjungan Kerja Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Serang, Provinsi Banten. Dalam kegiatan...