Subsidi Pupuk untuk Wujudkan Padi Berkualitas Baik

13-07-2017 / LAIN-LAIN

Subsidi pupuk, bantuan benih, irigasi, penanganan hama pengganggu tanaman, dan asuransi pertanian yang lebih berpihak menjadi harapan petani, saat Anggota Komisi X DPR Dony Ahmad Munir melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya, Jawa Barat IX yang meliputi Sumedang, Majalengka, dan Subang, beberapa waktu yang lalu.

 

“Pentingnya subsidi pupuk yang merata sangat penting bagi petani karena sangat menentukan pertumbuhan padi dan pasokan beras di daerah-daerah supaya terwujudnya lumbung padi yang berkualitas baik,” kata Dony, dalam rilisnya kepada Parlementaria, Kamis (13/7/2017).

 

Politisi F-PPP itu menambahkan, dalam kesempatan itu petani juga menyampaikan bahwa proyek irigasi telah diusulkan masyarakat setiap tahun kepada pemerintah, namun belum terlihat tanda-tanda untuk direalisasi. Proyek tersebut sangat strategis dan penting bagi kehidupan perekonomian masyarakat petani padi, sawah khususnya.

 

“Selama ini para petani berinisiatif sendiri mengairi sawah mereka secara manual pada malam hari. Irigasi  ini mampu mengairi ratusan hektar persawahan rakyat yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Subang,” papar Dony.

 

Oleh sebab itu, masyarakat petani di Subang menaruh harapan besar agar proyek irigasi itu dapat segera terealisasi. Petani pun berharap supaya mendapat asuransi dan tidak hanya dipertimbangkan dengan luas areal lahan sehingga para petani sangat sulit untuk mendapatkan asuransi tersebut. 

 

“Para petani mengharapkan adanya perhatian khusus terkait aspirasinya yang belum berpihak pada petani,” kata Dony, yang juga memberi motivasi para petani untuk lebih semangat serta akan menyampaikan aspirasi masyarakat  untuk disampaikan ke pemerintah pusat ataupun daerah. (sf,mp) foto: dok.pribadi/od.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Mekanisme Seleksi Direksi dan Komisaris BUMN Harus Transparan
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani menyampaikan dalam Rancangan Undang-Undang Badan Usaha Milik Negara (RUU BUMN) yang sedang dalam pembahasan...
RUU BUMN Atur Direksi dan Komisaris Dilarang Rangkap Jabatan
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas menjelaskan, dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) BUMN yang sedang dibahas saat ini,...
Pemda Didorong Maksimalkan Penggunaan Dana Desa
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Badan Akuntabilitas Negara (BAKN) DPR RI Sartono Hutomo dalam pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa daerah harus...
Seratus Wartawan Tinjau Potensi Usaha dan Pangan Gresik
16-07-2018 / LAIN-LAIN
Peserta Press Gathering Wartawan Koordinatoriat DPR RI, yang terdiri lebih dari 100 wartawan media cetak, media siaran dan media siber...