Koalisi Rakyat Untuk Parlemen Dukung Pansus Angket KPK

27-07-2017 / PANITIA KHUSUS

 

Keberadaan Pansus Angket KPK DPR RI mendapat dukungan dari elemen masyarakat yang menamakan dirinya sebagai Koalisi Rakyat untuk Parlemen (Koarparlemen). Menurut Hendri Jauhari Oratmangun yang menjadi juru bicara Koarparlemen dalam acara rapat dengar pendapat dengan Pansus Angket KPK, kehadiran Koarparlemen tersebut untuk dapat ikut serta berkontribusi guna memberikan sumbangsih saran terhadap dinamika yang terjadi terkait dengan hak angket KPK.

 

“Pernyataan sikap kami dari Koarparlemen adalah mendukung Pansus Angket KPK. Karena kami merasa bahwa Pansus KPK ini merupakan hak konstitusional yang dimiliki oleh DPR dan KPK sebagai lembaga perlu juga diawasi,” ucap Hendri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/07/2017).

 

Ia menyatakan, Koarparlemen terpanggil untuk meyakinkan kepada publik bahwa Koarparlemen mendukung sikap terhadap upaya pelemahan KPK, namun dalam aspek lain Koarparlemen juga harus menyampaikan secara tegas kepada publik untuk bisa mendukung keberadaan Pansus Angket KPK dalam kelembagaan DPR.

 

“Ada satu substansi mendasar yakni dalam ketatanegaraan, DPR mempunyai fungsi dan peranan yang cukup strategis, sehingga penting juga untuk kita dukung,” tandasnya.

 

Ada narasi publik yang sangat kuat terkait polemik hak angket tersebut, karena itu perlu mendapat satu perhatian yang serius, pada dasarnya semua berangkat dan semangat yang sama yakni pemberantasan korupsi.

 

“Jangan hanya terkesan mendukung adanya pelemahan KPK, dan publik digiring pada opini yang akhirnya menjustifikasi negatif terhadap semua yang dilakukan oleh Pansus Angket KPK tersebut,” ujarnya.

 

Koalisi Rakyat untuk Parlemen sendiri adalah sebuah lembaga baru yang merasa terpanggil untuk dapat lebih aktif memperhatikan berbagai dinamika yang terjadi, khususnya di parlemen.

 

“Dalam konteks fungsi, Koarparlemen berharap dapat menjadi satu lembaga pemerhati parlemen yang dapat mewakili dan menjadi corong publik untuk mengkritisi parlemen, dan juga ikut berperan menginformasikan kepada publik tentang berbagai hasil kinerja parlemen,” pungkasnya. (dep,mp) Foto : Doeh.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Aparat Diharapakan Lebih Tajam Cegah Terorisme
25-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Dengan telah disahkannya RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (RUU Antiterorisme) menjadi undang-undang, para aparat yang bertugas memberantas terorisme bisa...
DPR dan Pemerintah Setujui RUU Antiterorisme Dilanjutkan ke Paripurna
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
DPR RI dan pemerintah secara aklamasi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan...
Pasal Perlindungan Korban Terorisme Berlaku Surut
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Pasal-pasal dalam RUU Terorisme kini sudah jauh lebih maju. Dan salah satu konten yang terbaru adalah semua korban terorisme di...
Timsin RUU Terorisme Selaraskan Pasal-pasal
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Tim Sinkronisasi (timsin) Pansus RUU Terorisme masih menyelaraskan pasal-pasal dalam RUU ini, agar tidak saling bertolak belakang. Yang juga masih...