BK DPR Berikan Penjelasan Keparlemenan kepada Mahasiswa UIN Palembang

08-08-2017 / LAIN-LAIN

Kepala Badan Kerjasama DPR Jhonson Rajagukguk memberikan pemahaman mengenai keparlemenanan kepada 207 mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembeng yang berkunjung ke Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (08/8/2017). 

 

“Parlemen di seluruh dunia semakin kuat dengan merangkul remaja, di Indonesia kita juga telah memiliki parlemen remaja. Parlemen remaja sendiri adalah amanat yang ditentukan oleh  Inter Parliamentary Union (IPU) dan diselenggarakan seluruh dunia untuk memperkuat parlemen,”jelas Jhonson. 

 

Amanat IPU, lanjut Jhonson yaitu melibatkan seluruh siswa-siswi dari seluruh provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk mendidik remaja-remaja agar mempunyai dedikasi yang tinggi dan mengetahui bagaimana permasalahan parlemen sehingga bisa memberikan kontribusi besar nantinya.  

 

Lebih lanjut Jhonson mengatakan, yang paling utama adalah pemahaman mengenai palemen itu sendiri,  maka dalam kesempatan disampaikan mengenai tugas dan fungsi DPR, agar mahasiswa memahami betul peran DPR.  Salah satunya yang dijelaskan mengenai penyusunan Rancangan Undang-Undang. 

 

Dalam penyusunan RUU, lanjut dia, tidak hanya DPR saja yang berperan tetapi ada Pemerintah. Tapi, sayangnya masyarakat masih berpikir hanya DPR yang membuat UU, sehingga penilaian negatif pun banyak kepada DPR, jika RUU tidak juga rampung.   

 

“Kita berharap para mahasiswa betul-betul memahami tentang DPR, sehingga penilaian positif yang akan muncul, tidak seperti selama ini. Mahasiswa menganggap DPR banyak melakukan kesalahan, padahal tidak  seperti yang mereka dapatkan di media,”tuturnya seraya mengugkapkan harapannya akan kunjungan seperti ini bisa terus dilakukan guna membangun kepercayaan publik terhadap lembaga DPR. 

 

Salah seorang dosen UIN Palembang, Said menjelaskan bahwa kunjungan ke lembaga pemerintah merupakan kegiatan rutin mahasiswa guna memahami hukum yang ada di Indonesia dan bagaimana negara ini diatur dengan Undang-Undang. 

 

“Kami selaku dosen berusaha memberikan support kepada mahasiswa dengan mengujungi lembaga negara, agar mereka mengetahui perkembangan dunia hukum, khususnya dengan berbagai macam varian legislasi,”ungkapnya. 

 

Ketua BEM UIN Palembang, Husen juga berharap dari kunjungan ini, pihaknya dapat lebih memahami lagi apa yang belum diketahui selama ini melalui penjelasan Kepala Badan Keahlian DPR. “Kami mengucapkan terimakasih kepada DPR telah memberikan pemahaman mengani tugas dan fungsi DPR yang selama ini hanya didapatkan melalui media, ini sangat bermanfat untuk pengetahuan dalam mengembangan ilmu kami,” pungkasnya ( ria,mp) Foto: Arif/jk


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Timwas Pembangunan Daerah Perbatasan DPR Kunjungi Natuna
20-10-2017 / LAIN-LAIN
Tim Pengawas Pembangunan Daerah Perbatasan DPR RI yang dipimpin Sukiman mengunjungi Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan tersebut bertujuan untuk...
Natuna Titik Potensial Jadi Poros Maritim Dunia
20-10-2017 / LAIN-LAIN
Kabupaten Natuna dengan bentang alam yang luas terdiri dari 99,25 % lautan dan hanya sebesar 0,75% wilayah daratan, memiliki potensi...
Fasilitas di Talaud Harus Menjadi Fokus Pemerintah.
19-10-2017 / LAIN-LAIN
Fasilitas masyarakat seperti pendidikan, kesehatan dan perdagangan harus menjadi prioritas untuk pemerintah dalam memberikan kekhususan terhadap wilayah-wilayah daerah perbatasan terutama...
Pemda Talaud Harus Ubah Pola Pikir
19-10-2017 / LAIN-LAIN
Ketika di suatu daerah ada bandara dan sudah ada pusat-pusat perdagangan, masyarakat harus bisa mengubah pola pekerjaannya. Dari petani yang...