Taufik: DPR Bukan Apa-apa Tanpa Dukungan Masyarakat

30-08-2017 / PIMPINAN

Momentum Hari Ulang Tahun Dewan Perwakilan Rakyat ke-72, dengan dukungan masyarakat diharapkan DPR menjadi salah satu tiang penyangga demokrasi. Diharapkan di usianya saat ini dan tahun-tahun mendatang, DPR menjadi lembaga yang semakin dihormati.

 

“Kita berharap masyarakat akan terus selalu bersama DPR sebagai representasi wakil rakyat. DPR tak akan ada apa-apanya tanpa dukungan masyarakat,” kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, usai pembukaan pameran foto jurnalistik “Warna-Warni Parlemen”, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

 

Politisi F-PAN itu menambahkan, DPR di era ini adalah DPR yang legitimate atau sempurna, karena sistemnya elektoral terbuka. Sehingga masyarakat dapat memilih dan menentukan calon wakil rakyatnya. Apalagi di UU Pemilu yang baru juga dipertajam dan diberlakukan bahwa sistem pemilu Indonesia elektoral terbuka.

 

“Sehingga otomatis ke depannya, siapapun nanti Anggota DPR yang akan datang merupakan representasi pilihan rakyat. Sehingga baik atau buruknya DPR, ini sangat ditentukan sejak dari awal pilihan masyarakat kita,” imbuh Taufik.

 

Taufik pun berharap di usia-usia mendatang, DPR yang sudah terpilih dengan tiga kali proses lektoral terbuka, semakin dewasa dan menuju proses yang ideal.

 

“Sehingga pragmatisme terkait dengan money politic maupun hal-hal yang sifatnya menjadi kekuatan yang tidak kita harapkan dalam demokrasi bisa kita minimalisir,” harap politisi asal dapil Jawa Tengah itu. (sf,mp)/foto:runi/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Fadli Zon Sambut Baik Ide Integrasi Transportasi Umum Lewat Aplikasi HP
25-09-2017 / PIMPINAN
Transportasi publik di kota besar seperti Jakarta seharusnya aman, nyaman, dan murah. Ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah daerah kepada warganya....
Penuh Keakraban, Fadli Zon Terima Staf Kedubes Australia
25-09-2017 / PIMPINAN
Dalam upaya menjalankan fungsi Diplomasi Parlemen, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima Staf Kedutaan Besar Australia Allaster Cox yang...
Perlu Percepatan Reforma Agraria Untuk Kesejahteraan Petani
25-09-2017 / PIMPINAN
Ketua Umum DPN HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Fadli Zon, mendesak pemerintah untuk melakukan percepatan agenda reforma agraria. Percepatan agenda...
Delegasi DPR RI Perjuangkan Resolusi Krisis Kemanusiaan Rohingya di Sidang AIPA
19-09-2017 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon sekaligus Ketua delegasi parlemen Indonesia di Sidang Umum ke-38 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) menyampaikan...