Taufik: DPR Bukan Apa-apa Tanpa Dukungan Masyarakat

30-08-2017 / PIMPINAN

Momentum Hari Ulang Tahun Dewan Perwakilan Rakyat ke-72, dengan dukungan masyarakat diharapkan DPR menjadi salah satu tiang penyangga demokrasi. Diharapkan di usianya saat ini dan tahun-tahun mendatang, DPR menjadi lembaga yang semakin dihormati.

 

“Kita berharap masyarakat akan terus selalu bersama DPR sebagai representasi wakil rakyat. DPR tak akan ada apa-apanya tanpa dukungan masyarakat,” kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, usai pembukaan pameran foto jurnalistik “Warna-Warni Parlemen”, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

 

Politisi F-PAN itu menambahkan, DPR di era ini adalah DPR yang legitimate atau sempurna, karena sistemnya elektoral terbuka. Sehingga masyarakat dapat memilih dan menentukan calon wakil rakyatnya. Apalagi di UU Pemilu yang baru juga dipertajam dan diberlakukan bahwa sistem pemilu Indonesia elektoral terbuka.

 

“Sehingga otomatis ke depannya, siapapun nanti Anggota DPR yang akan datang merupakan representasi pilihan rakyat. Sehingga baik atau buruknya DPR, ini sangat ditentukan sejak dari awal pilihan masyarakat kita,” imbuh Taufik.

 

Taufik pun berharap di usia-usia mendatang, DPR yang sudah terpilih dengan tiga kali proses lektoral terbuka, semakin dewasa dan menuju proses yang ideal.

 

“Sehingga pragmatisme terkait dengan money politic maupun hal-hal yang sifatnya menjadi kekuatan yang tidak kita harapkan dalam demokrasi bisa kita minimalisir,” harap politisi asal dapil Jawa Tengah itu. (sf,mp)/foto:runi/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Jelang Pemilu 2019, Stabilitas Keamanan Negara Harus Dijaga
16-07-2018 / PIMPINAN
Stabilitas keamanan dan pertahanan negara harus dijaga dalam menyambut perhelatan Pilpres dan Pileg tahun 2019. Untuk itu, Ketua DPR RI...
Ketua DPR Minta Manajemen Olahraga Berbenah
16-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menanggapi kekalahan yang dialami oleh timnas sepakbola Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF, beberapa waktu...
Pimpinan Parlemen Gelar Nobar Final Piala Dunia 2018
16-07-2018 / PIMPINAN
Malam perhelatan final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Perancis dengan Kroasia cukup menyita perhatian publik Tanah Air. Tidak mau kalah...
DPR Dorong Gresik Ciptakan Kawasan Pangan Mandiri
16-07-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menciptakan kawasan pangan mandiri. Hal ini agar sejalan...