DPR Minta Dunia Hentikan Kebrutalan Di Rakhine, Myanmar

06-09-2017 / B.K.S.A.P.

Anggota BKSAP DPR Nurhayati Manoarfa meminta kepada seluruh dunia, khususnya pemerintah dan Parlemen Myanmar untuk menghentikan semua kebrutalan terhadap etnis Rohingya di wilayah Rakhine.

 

“Kami minta hentikan membunuh semua penduduk Rohingya, baik itu anak-anak, wanita, dan membakar hidup-hidup didalam rumah mereka, ”tegasnya di sela-sela sidang World Parliament Forum yang berlangsung di Nusa Dua Bali Convention Centre, Rabu (6/9/2017).

 

Untuk itu, lanjut Nurhayati,  dalam forum parlemen dunia ini, dirinya akan menghimbau seluruh delegasi parlemen tentang bagaimana bisa melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, apabila ada salah satu Negara yang masih tertindas.

 

“Saya rasa tidak bisa melaksanakan pembangunan apabila tidak ada perdamaian, dan tidak akan ada perdamaian jika tidak ada pembangunan yang berkelanjutan,”harapnya.

 

Sebelumnya, dihadapan seluruh delegasi sidang parlemen dunia, Ketua DPR Setya Novanto meminta pemerintah Myanmar segera memulihkan stabilitas dan memberikan perlindungan keamanan secara inklusif terhadap seluruh masyarakat di Rakhine, sebagai bagian dari pelaksanaan Agenda Pembangunan Berkelanjutan.

 

Menurutnya, pembangunan yang berkelanjutan tidak akan tercapai tanpa adanya perdamaian, dan tidak akan ada perdamaian tanpa adanya pembangunan berkelanjutan.

 

Ia menambahkan, upaya  mencegah dampak perubahan iklim juga penting diakukan agar kelangsungan pembangunan berkelanjutan tidak terganggu. 

 

"Kita harus mengambil aksi nyata untuk menanggulangi perubahan iklim beserta dampaknya, yaitu dengan mengintegrasikan tindakan terkait perubahan iklim ke dalam kebijakan, strategi, dan perencanaan nasional," tandasnya

 

Seperti diketahui, sebanyak 47 negara yang hadir dalam Konferensi World Parliamentary Forum. Beberapa instusi internasional juga turut hadir, diantaranya UNEP, Women Parliament Leader, UN-SDSN, GOPAC, European Union dan AIPA. (tim), foto : agung/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Rofi Kecam Kebijakan Visa Israel
14-02-2018 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi’ Munawar mengecam tindakan Israel terhadap 54 warga Palestina yang...
Globalisasi Harus Membawa Manfaat
13-02-2018 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf (F-PD) menyampaikan bahwa globalisasi harus membawa manfaat bagi...
DPR Minta APPF Dukung Pemberdayaan UMKM di Era Digital
25-01-2018 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Juliari P. Batubara meminta Asia Pasific Parliamentary Forum (APPF) berperan...
Usulan DPR Diterima Menjadi Resolusi Sidang APPF ke-26
24-01-2018 / B.K.S.A.P.
Pentingnya pertemuan parlemen perempuan dan kebijakan terkait kesetaraan gender adalah usulan DPR yang diterima menjadi bagian dari hasil sidang tahunan...