Perlu Komitmen Politik Bersama Agar Proses Legislasi Tidak Terhambat

06-09-2017 / BADAN LEGISLASI

Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas menekankan perlunya komitmen politik antara DPR dan pemerintah agar target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2015-2019 bisa tercapai sesuai harapan.

 

Berbicara sebagai Keynote Speaker dalam forum workshop Badan Legislasi DPR RI bertema "Membangun Komitmen Bersama Pembentuk Undang-Undang Dalam Mencapai Target Program Legislasi Nasional" di Hotel Eastparc Yogyakarta, Rabu (6/9/2017).

 

Politisi Gerindra itu menyadari betul akan sorotan publik yang menilai kinerja DPR di bidang legislasi sangat rendah karena dianggap tidak serius dalam menyelesaikan Prolegnas.

 

"Namun kinerja legislasi tidak semata-mata ditentukan oleh DPR karena pembahasan RUU dilakukan bersama antara DPR dengan Pemerintah dan beberapa RUU melibatkan DPD," ulas Supratman.

 

Legislator Dapil Sulawesi Tengah ini justru menegaskan pentingnya penguatan Baleg sebagai pusat (center) pembuatan UU, fungsinya jangan dikerdilkan. Kewenangan penyusunan diperlukan, tidak seperti saat ini harus melalui penugasan Badan Musyawarah (Bamus).

 

"Di Komisi DPR, kadangkala pembahasan UU menjadi anak tiri, karena lebih memprioritaskan fungsi pengawasan. Karena itulah melalui forum diskusi semacam ini saya mengingatkan kembali komitmen kerja-kerja legislasi," ungkap Supratman.

 

Yang tak kalah penting adalah bagaimana kuantitas sebuah UU terpenuhi namun tanpa mengabaikan aspek kualitas sehingga ketika diuji di tingkat Mahkamah Konstitusi tidak digugurkan," pungkasnya.

 

Sementara itu Wakil Gubernur Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun ketiga seharusnya menjadi masa-masa puncak kinerja anggota dewan, karena di dua tahun terakhir akan disibukkan dengan persiapan Pemilu.

 

"Pemerintah Daerah berupaya mendukung memberikan masukan-masukan yang diperlukan, jangan sampai ikut menghambat proses legislasi terutama terkait UU yang dibutuhkan masyarakat," tutup Paku Alam X. (ojie) foto: ojie


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Perkelapasawitan Masuk Prolegnas RUU Prioritas 2018
20-09-2017 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi DPR RI memprioritaskan RUU Perkelapasawitan sebagai RUU Prioritas 2018. Baleg DPR RI pro aktif membahas RUU Perkelapasawitan. Pembahasan...
RUU Usul Masyarakat Selayaknya Jadi Prioritas
20-09-2017 / BADAN LEGISLASI
Kepentingan masyarakat harus senantiasa menjadi tolok ukur dalam penentuan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas. Usulan Rancangan Undang-Undang yang akan...
Pemerintah Diminta Tuntaskan Masalah RTRW Kalteng
20-09-2017 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagio meminta Pemerintah Pusat yang terkait, agar menyelesaikan permasalahan penetapan Rancangan Tata Ruang...
Badan Legislasi DPR Serap Aspirasi Pemerintah dan Masyarakat Kalteng
19-09-2017 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kunjungan ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi dari...