BKSAP Akan Bawa Resolusi Myanmar ke Sidang AIPA

12-09-2017 / B.K.S.A.P.

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI akan membawa resolusi terkait krisis kemanusiaan Rohingya di wilayah Rakhine,  Myanmar ke Sidang Asean Inter - Parliamentary Assembly yang akan diselenggarakan pada 15 -19 September 2017 di Filipina.

 

Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf mengatakan,  kejahatan kemanusiaan di Myanmar sudah harus dihentikan. Karena itu,  dalam resolusi yang akan diusung, DPR RI meminta AIPA membentuk tim ad hoc dari anggota parlemen negara Asean.

 

Menurutnya,  tim inilah yang akan proaktif mendesak pemerintah Myanmar menghentikan kekerasan kemanusiaan terhadap etnis Rohingya di Rakhine. "Jadi itu resolusi yang kita perjuangkan nanti dan akan dipimpin langsung Watua DPR Fadli Zon," papar Nurhayati usai menerima perwakilan UNHCR Indonesia Thomas Vargas di Gedung DPR RI,  Senayan,  Jakarta,  Selasa (12/9/2017).

 

Selain itu, melalui diplomasi parlemen, Nurhayati yang juga selaku Presiden International Humanitarian Law mendorong semua parlemen negara yang tergabung dalam IPU untuk ikut membantu menyelesaikan bencana kemanusiaan atau etnis cleansing Rohingya.

 

"Kita khawatir jika konflik ini tidak kita cegah maka bisa menjadi konflik regional.  Jangan dianggap konflik ini,  hanya konflik Myanmar.  Karena itu,  meskipun mereka jauh dan tidak terlibat langsung,  tetapi parlemen semua negara harus ikut membantu bagaimana menyelesaikan ini.  Ikut membantu pemikiran,  memberikan bantuan dan membantu pencegahan terulangnya kembali kejahatan terjahap kemanusiaan," tegas Nurhayati.

 

Nurhayati menambahkan dalam waktu dekat BKSAP DPR bersama UNHCR akan berkunjung ke Bangladesh untuk melihat langsung kondisi di tempat pengungsian. 

 

"Insyaallah,  kami akan ke Bangladesh mengunjungi para pengungsi. Karena kita tahu bahwa PBB sudah mengeluarkan pernyataan bahwa apa yang terjadi di Myanmar adalah etnis cleansing, artinya ini tidak bisa dibiarkan," katanya. (ann/sc)/foto:arief/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR Minta Negara Produsen Minyak Kembangkan Energi Ramah Lingkungan
29-06-2018 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi’ Munawar menegaskan perlu adanya komitmen bersama dalam menekan ambang...
Indonesia Dukung Timor Leste Jadi Anggota ASEAN
29-06-2018 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf mengatakan Indonesia mendukung penuh pencalonan Republik Demokratik Timor...
Kemenangan Erdogan, Peluang Perkuat Diplomasi RI Untuk Palestina
28-06-2018 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi’ Munawar menilai terpilihnya kembali Recep Tayyip Erdogansebagai Presiden Turki...
Kejahatan Narkoba Lebih Berbahaya Dibanding Terorisme
21-06-2018 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf menyatakan bahwa perang melawan narkoba lebih berbahaya dibandingkan...