Koperasi Setjen dan BK DPR RI Diharapkan Dapat Terus Berinovasi

13-11-2017 / LAIN-LAIN

Plt Sekjen DPR RI Damayanti saat membuka Rapat Anggota Khusus Koperasi Setjen dan BK DPR, berharap pengurus dan pengawas Koperasi Setjen dan BK DPR  dapat meningkatkan keuntungan bagi anggota Koperasi. Foto:Jayadi/iw.

 

Plt Sekjen DPR RI Damayanti berharap, pengurus dan pengawas koperasi Setjen dan Badan Keahlian DPR RI dapat melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan fasilitas dan keuntungan bagi anggota koperasi. Mengingat, anggota koperasi adalah seluruh pegawai Sekjen dan BK DPR RI.

 

Hal tersebut diungkapkannya setelah membuka Rapat Anggota Khusus Koperasi Pegawai Sekretaris Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI dengan tema; Membangun Koperasi Mandiri Melalui Partisipasi Aktif Anggota di Ruang Rapat Pansus B, Nusantara II Senayan, Jakarta. Senin (13/11).

 

Menurut Maya, sapaan akrab Damayanti, kinerja koperasi periode saat ini cukup baik, mengingat keberhasilan membukukan sisa hasil usaha sebesar 3,9 Miliar Rupiah atau 170% dari target tahun ini. “Jadi saya mengucapkan alhamdulillah, tapi target ini juga jangan kita menjadi puas, tetapi kalau bisa lebih ditingkatkan,” ucapnya.

 

Maya juga menyoroti hal lainnya, yaitu terkait dengan pembukuan modal. Ia menginginkan, pembukuan modal tidak hanya dari orang yang menyimpan saja akan tetapi bisa juga dicari dari aset-aset lain yang juga bisa dijadikan pembukuan modal bagi Koperasi. “Jadi moga-moga pembukuan modal bukan karena hanya orang menabung disini saja,” kata Maya penuh harap.

 

Sementara itu, Ketua Pengawas Koperasi Satyanto Priambodo atau yang lebih akrab disapa Nanang menjelaskan, secara kinerja, Koperasi Setjen dan BK DPR RI tahun ini sudah sangat baik dari tahun ke tahun. Periode 2015-2017 Kepengurusan koperasi sudah banyak kemajuan. Kemajuan yang paling menonjol adalah koperasi sudah bisa memupuk modal sendiri untuk pembiayaan kegiatan simpan pinjam. Kemajuan lainnya juga koperasi sudah membenahi sistem laporan keuangan perpajakannya, sehingga sudah tidak ada lagi hutang pajak.

 

“Koperasi ini kan sebagai badan usaha, jadi apapun juga kita harus mengikuti segala peraturan yang dibuatkan oleh Pemerintah. Apalagi dalam sisi perpajakan,  itu harus kita taat bener dengan perpajakan,” ungkap Nanang.

 

Nanang juga berharap, kepengurusan maupun pengawas periode yang akan datang dapat terus berinovasi lebih, sehingga memberikan manfaat dan juga benefit bagi Anggota Koperasi.

 

“Harapan saya untuk kepengurusan maupun pengawas periode yang akan datang. Masih banyak diversifikasi usaha yang bisa dilakukan koperasi untuk bisa memberikan manfaat, hadiah, benefit buat anggota koperasi. Banyak sekali, tinggal kita mau improvisasi seperti apa, silahkan pengurus dan pengawas periode yang baru,” tutup Nanang. (ndy,mp).


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Musuh Utama Pilkada Harus Diatasi
23-02-2018 / LAIN-LAIN
Diskusi publik di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (23/2/2018) foto:doeh|DN Pilkada serentak yang akan dihelat tahun ini menghadapi banyak...
Revisi UU MD3 Tidak Mengandung Delik Pidana
19-02-2018 / LAIN-LAIN
Disahkannya Revisi Kedua Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) menimbulkan pro kontra di...
Pengajian PIA DPR Usung Tema Istiqomah Dalam Cinta
14-02-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI Leni Bambang Soesatyo mengatakan pengajian rutin yang digelar PIA di setiap bulannya sangat...
Gerakan Tanam 1000 Pohon PIA DPR Wujud Kesadaran Lingkungan
13-02-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI Lenny Bambang Soesatyo mengatakan, gerakan penanaman 1000 pohon oleh PIA DPR RI dalam...