Komisi X Apresiasi Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling Ke Bengkulu

14-11-2017 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR Dewi Coryati secara simbolis menyerahkan kunci mobil perpustakaan keliling kepada plt Gubernur Bengkulu di Ruang rapat gubernur. Foto:Oji/jk

 

 

Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati mengapresiasi atas perhatian Pemerintah Pusat melalui  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan bantuan 3 unit Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Diharapkan di tahun berikutnya bisa bertambah lagi.

 

Pemberian bantuan tersebut diserahkan secara simbolis bersamaan dengan kedatangan Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR ke Bengkulu disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (13/11/2017).

 

“Kami juga akan mendorong agar Dana Desa bisa dialokasikan untuk pembangunan perpustakaan di setiap desa dalam wilayah Bengkulu,” ungkap Politisi PAN ini.

 

Srikandi Parlemen asal Daerah Pemilihan Bengkulu ini mengakui masih rendahnya tingkat literasi dan minat baca siswa dan masyarakat pada umumnya di Bengkulu. Ia berharap pemberian bantuan Mobil Perpustakaan Keliling bisa menumbuhkan minat baca terutama pada anak-anak usia sekolah, sehingga berdampak menurunnya prosentase buta aksara di Provinsi Bengkulu.

 

Sementara itu, anggota Komisi X DPR lainnya, Dadang Rusdiana mendorong Perpusnas untuk lebih kreatif dalam menarik minat baca anak-anak usia sekolah di Bengkulu. Dirinya juga melihat kondisi geografis sebagian Provinsi Bengkulu yang berbukit dan sulit dijangkau oleh Mobil Perpustakaan Keliling bisa disiasati dengan membuat Perpustakaan Motor Keliling.

 

"Untuk menembus wilayah yang sulit dijangkau mobil, saya menyarankan Perpusnas melakukan terobosan dengan perpustakaan motor keliling yg beroda tiga," ungkap Dadang.

 

Politisi Hanura ini juga mengaku prihatin melihat masih rendahnya tingkat literasi hampir di seluruh wilayah Indonesia yang berada di daerah tertinggal, terluar dan terdepan. Hal ini tentu perlu keberpihakan pemerintah pusat dan daerah untuk bekerja sama menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut.

 

"Kami dari Komisi X akan selalu mendukung  upaya pengalokasian anggaran untuk mendorong proses pembangunan di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan tersebut, khususnya provinsi Bengkulu yang kita kunjungi hari ini," jelas Dadang.

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Rohidin Mersyah, atas nama Pemprov Bengkulu juga mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang memberikan bantuan tiga unit Mobil Pusling, dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat di wilayah Bengkulu ini.

 

“Kami juga berharap Komisi X DPR RI dapat mengupayakan kepada Kementerian terkait, agar Dana Desa bisa dialokasikan untuk Perpusatakaan Desa (Pusdes),” pungkasnya. (naefuroji/sc)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Indonesia Hadapi Tantangan Kesetaraan Akses Digital
17-11-2017 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Irine Yusiana Roba Putri saat menghadiri diskusi dengan Global Affairs Canada di Ottawa, Kanada, Kamis...
Sekolah Vokasi Harus Jalin Kerja Sama dengan Industri
16-11-2017 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Sri Meliyana mengatakan sekolah harus memikirkan dan membentuk program studi (prodi) atau jurusan yang dibutuhkan...
Komisi X Dukung BEKRAF Majukan Ekonomi Kreatif Bengkulu
16-11-2017 / KOMISI X
Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi X Djoko Udjianto menyaksikan penandatanganan MoU antaraPemerintah Provinsi Bengkulu...
Komisi X Desak Sapras SMKN 5 Pangkalpinang Ditingkatkan
15-11-2017 / KOMISI X
Anggota DPR RI Komisi X Lathifah Shohib mendesak laboraturium yang ada di Sekolah SMK N 5 Pangkalpinang, Babel perlu...