Dubes RI di Selandia Baru Dukung Pendirian Pusat Geothermal Excellent di Indonesia

27-11-2017 / LAIN-LAIN

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, Indonesia mempunyai kandungan terbesar dan memiliki potensi geothermal sangat tinggi. Sementara, interdisipliner memerlukan expertise pengetahuan dari negara lain. Menurutnya, New Zealand merupakan negara terdepan dalam hal ilmu pengetahuan dan juga pengalaman mengelola Sumber Daya Alam (SDA).

 

"Mengapa saya bisa katakan demikian? Selama dua hari ini dalam pertemuan dengan stakeholder terkait dari pihak Selandia Baru, kita mengkawinkan dua kekuatan agar energi baru dan terbarukan wabil khusus geothermal itu bisa menjadi energi kita ke depan," ujar Tantowi Yahya dalam event "New Zealand Geothermal Workshop 2017" di Rotorua, New Zealand.

 

Dalam pertemuan tersebut delegasi Indonesia dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, dengan didampingi Wakil Ketua Komisi VII Herman Khaeron, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Bapenas, dan praktisi geothermal.

 

Tantowi mengatakan, dirinya sangat setuju dengan gagasan Agus Hermanto yang memiliki rencana untuk membuat Geothermal Excellent di Indonesia. Dimana Badan ini akan memberikan kajian serta masukan terkait eksplorasi SDA.

 

"Pertemuan di Rotorua dan Wairake kemarin juga telah merujuk dibentuknya semacam Forum Komunikasi intensif antara stakeholder di Indonesia dan stakeholder di Selandia baru, sehingga orang-orang yang nanti akan dipilih duduk di forum ini, dapat terus menjalin komunikasi. Untuk memastikan project-project yang sudah tadi disampaikan dapat terealisasi," imbuhnya.

 

Dia berharap, kehadiran Agus Hermanto  sebagai pimpinan DPR yang membidangi industri dan energi dan Herman Khaeron selaku Pimpinan Komisi VII dapat merealisasikan semua komitmen-komitmen yang sudah disepakati oleh kedua negara. Tidak sekadar menambah tumpukan kertas berupa penandatanganan MoU.

 

"Kita semua tahu bahwa energi masa depan adalah energi baru dan terbarukan. Dan yang menjadi primadona saat ini adalah geothermal," tandasnya. (sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Mekanisme Seleksi Direksi dan Komisaris BUMN Harus Transparan
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani menyampaikan dalam Rancangan Undang-Undang Badan Usaha Milik Negara (RUU BUMN) yang sedang dalam pembahasan...
RUU BUMN Atur Direksi dan Komisaris Dilarang Rangkap Jabatan
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas menjelaskan, dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) BUMN yang sedang dibahas saat ini,...
Pemda Didorong Maksimalkan Penggunaan Dana Desa
17-07-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Badan Akuntabilitas Negara (BAKN) DPR RI Sartono Hutomo dalam pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa daerah harus...
Seratus Wartawan Tinjau Potensi Usaha dan Pangan Gresik
16-07-2018 / LAIN-LAIN
Peserta Press Gathering Wartawan Koordinatoriat DPR RI, yang terdiri lebih dari 100 wartawan media cetak, media siaran dan media siber...