Fraksi PPP Tolak Penetapan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

07-12-2017 / KOMISI X

Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati. foto: Odjie/afr

 

 

Fraksi PPP DPR RI secara tegas menentang rencana Pemerintah AS untuk memindahkan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv ke Yerusalem (Al-Quds). Menurut Fraksi PPP, langkah ini jelas telah melecehkan dunia internasional karena mengingkari sejarah,  realitas politik dan hukum internasional.  "100 persen kami menolak rencana tersebut," tegas Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati dalam rilisnya kepada Parlementaria, Kamis (07/12/2017). 

 

Karena itu, ia mendukung langkah-langkah konkret pemerintah RI yang telah melakukan upaya sigap berupa diplomasi atas rencana AS tersebut seperti kepersertaan RI dalam OKI yang telah bersidang pada Selasa (04/12/2017) di Jedah. 

 

“Kami mendorong upaya tersebut dapat lebih diperkuat dengan melakukan diplomasi yang lebih kuat dengan menggalang sumberdaya negara-negara lain agar menolak rencana tersebut,” ungkap anggota Komisi X  ini.

 

Selain itu, Reni juga akan mendesak DPR RI untuk menggunakan berbagai instrumen yang dimiliki seperti kepesertaan DPR RI dalam keanggotaan forum parlemen internasional seperti International Parliament Union (IPU),  ASEAN Parliamentary Assembly (AIPA)  serta Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) untuk menyuarakan penolakan yang tegas atas rencana AS tersebut.

 

“Kami juga mendorong upaya boikot terhadap produk-produk Amerika Serikat yang berada di Indonesia sebagai bentuk protes atas rencana tersebut,” tegas Reni. 

 

Menurutnya, upaya pemboikotan itu ingin memberi pesan bahwa bangsa Indonesia mendorong secara serius atas kemerdekaan Palestina dan menolak segala upaya pelemahan dan perjuangan rakyat Palestina. (hs/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
PTN dan PTS di Kaltim Keluhkan Kekurangan Dosen
15-12-2017 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI menilai bahwa permasalahan sarana san prasarana serta kekurangan tenaga pengajar di PTN dan PTS...
Atlet-Atlet Berprestasi Kaltim Perlu Dukungan Pusat
15-12-2017 / KOMISI X
Raihan prestasi yang diperoleh atlet asal Kalimantan Timur mampu mengharumkan nama daerah dan bersaing di kancah nasional maupun iternasional. Hal...
Arena Eks PON 2008 Di Kaltim Banyak Mangkrak
15-12-2017 / KOMISI X
Pengelolaan arena-arena eks PON 2008 yang dibangun dengan dana triliunan rupiah menjadi momok bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Bayang-bayang fasilitas...
Daerah Butuhkan Laboratorium Olahraga Guna Cetak Atlit Berprestasi
15-12-2017 / KOMISI X
Mencetak atlet berprestasi bukan hanya sekedar memberikan materi semata, namun ada hal yang lebih penting lainnya, yaitu kebutuhan mereka seperti...