Fraksi PPP Tolak Penetapan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

07-12-2017 / KOMISI X

Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati. foto: Odjie/afr

 

 

Fraksi PPP DPR RI secara tegas menentang rencana Pemerintah AS untuk memindahkan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv ke Yerusalem (Al-Quds). Menurut Fraksi PPP, langkah ini jelas telah melecehkan dunia internasional karena mengingkari sejarah,  realitas politik dan hukum internasional.  "100 persen kami menolak rencana tersebut," tegas Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati dalam rilisnya kepada Parlementaria, Kamis (07/12/2017). 

 

Karena itu, ia mendukung langkah-langkah konkret pemerintah RI yang telah melakukan upaya sigap berupa diplomasi atas rencana AS tersebut seperti kepersertaan RI dalam OKI yang telah bersidang pada Selasa (04/12/2017) di Jedah. 

 

“Kami mendorong upaya tersebut dapat lebih diperkuat dengan melakukan diplomasi yang lebih kuat dengan menggalang sumberdaya negara-negara lain agar menolak rencana tersebut,” ungkap anggota Komisi X  ini.

 

Selain itu, Reni juga akan mendesak DPR RI untuk menggunakan berbagai instrumen yang dimiliki seperti kepesertaan DPR RI dalam keanggotaan forum parlemen internasional seperti International Parliament Union (IPU),  ASEAN Parliamentary Assembly (AIPA)  serta Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) untuk menyuarakan penolakan yang tegas atas rencana AS tersebut.

 

“Kami juga mendorong upaya boikot terhadap produk-produk Amerika Serikat yang berada di Indonesia sebagai bentuk protes atas rencana tersebut,” tegas Reni. 

 

Menurutnya, upaya pemboikotan itu ingin memberi pesan bahwa bangsa Indonesia mendorong secara serius atas kemerdekaan Palestina dan menolak segala upaya pelemahan dan perjuangan rakyat Palestina. (hs/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Serapan Tenaga Terampil dan Terdidik Masih Rendah
18-07-2018 / KOMISI X
Penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi saat ini tengah banyak menghadapi banyak tantangan, khususnya globalisasi. Iklim kompetisi dalam perkembangan teknologi dan...
Penerbitan SKTM Harus Dikoreksi
17-07-2018 / KOMISI X
Penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) harus dikoreksi. Pasalnya, muncul beberapa kasus pemalsuan SKTM dalam tahun ajaran baru sekarang ini,...
Legislator Harapkan Asian Games 2018 Sukses Prestasi dan Penyelenggaraan
16-07-2018 / KOMISI X
Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games XVIII 2018 merupakan momentum untuk mensukseskan prestasi atlet sebagai juara di setiap cabang...
Komisi X Minta Tak Ada Plonco pada MOS
16-07-2018 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta jangan ada praktek perploncoan dan perundungan pada awal-awal masuk sekolah,...