DPR Setujui Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Jabat Panglima TNI

07-12-2017 / PARIPURNA

Foto bersama Pimpinan DPR RI dengan Panglima TNI terpilih Marsekal Hadi Tjahjanto. foto: Azka/azk

 

Rapat Paripurna DPR RI menyetujui Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjabat Panglima TNI. Persetujuan ini diberikan usai Pimpinan Komisi I DPR melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Komisi I DPR, pada Rabu (6/12/2017).

 

“Sekarang perkenankan kami menanyakan, apakah laporan Pimpinan Komisi I DPR RI mengenai hasil uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI tersebut dapat disetujui?” tanya Wakil Ketua DPR Fadli Zon kepada seluruh Anggota DPR yang hadir pada Rapat Paripurna, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). Jawaban ‘setuju’ pun diberikan oleh seluruh Anggota Dewan.

 

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menjelaskan bahwa Komisi I DPR telah mendapatkan penugasan dari Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Badan Musyawarah tanggal 4 Desember 2017 untuk membahas pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI sebagaimana surat Presiden RI yang telah disampaikan kepada DPR pada 3 Desember 2017, perihal Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

 

“Menindaklanjuti penugasan tersebut, Komisi I DPR melalui rapat intern Komisi I DPR tanggal 5 Desember 2017 telah memutuskan untuk melaksanakan pemberian persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI pada 6 Desember 2017,” jelas Kharis.

 

Kemudian, masih kata politisi F-PKS itu, Komisi I DPR RI pada Rabu (6/12/2017), telah melaksanakan rapat untuk mendengarkan pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI disertai dengan Strategi dan Program Prioritas, serta kebijakan yang akan dijalankan oleh Panglima TNI ke depan dan melakukan pendalaman dari pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI tersebut.

 

“Akhirnya, setelah mendengarkan dan mempertimbangkan pandangan Fraksi-fraksi dan Anggota Komisi I DPR terhadap calon Panglima TNI, maka Komisi I DPR memutuskan memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI,” tambah Kharis.

 

Dalam kesempatan yang sama, DPR juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI, seraya memberikan apresiasi kepada beliau atas dedikasi, kesungguhan, profesionalisme, dan kecakapan dalam memimpin TNI, serta kinerja yang dicapai sebagai Panglima TNI.

 

“Kita harapkan semoga capaian-capaian positif beliau dilanjutkan dan dikembangkan Panglima TNI berikutnya,” harap politisi asal dapil Jawa Tengah itu. (sf/sc)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Legislator Kritik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
17-07-2018 / PARIPURNA
Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengkritisi capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada APBN tahun 2017 maupun pada tahun...
Defisit APBN Masih Relatif Rendah
17-07-2018 / PARIPURNA
Pemerintah menilai, defisit APBN 2017 masih relatif rendah, yaitu sebesar 2,49 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Angka defisit ini...
Pemerintah Klaim Realisasi Anggaran 2017 Menggembirakan
17-07-2018 / PARIPURNA
Pemerintah mengkalim realisasi anggaran untuk tahun 2017 cukup menggembirakan. Ini tercermin dari realisasi defisit APBN yang terkendali hingga level lebih...
DPR Sepakati RAPBN dan RKP 2019
12-07-2018 / PARIPURNA
Paripurna DPR RI menyepakati hasil rumusan panitia kerja (Panja) terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Rencana Kerja Pemerintah...