PIA DPR Bangun dan Resmikan Pondok Baca di Salatiga

11-12-2017 / LAIN-LAIN

Wakil Ketua Umum PIA  DPR RI Grace Fadli Zon saat peresmian Pondok Baca PIA DPR RI di Salatiga, Jawa Tengah. Foto: Ayu/od

 

Wakil Ketua Umum PIA (Persaudaraan Isteri Anggota) DPR RI Grace Fadli Zon prihatin atas rendahnya minat baca di Indonesia.

Atas dasar itulah dalam program bakti sosialnya kali ini PIA DPR membangun perpustakaan desa yang dinamai "Pondok Baca PIA DPR RI". Hal tersebut diungkapkannya dalam peresmian Pondok Baca PIA DPR RI di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (09/12/2017).

“Persaudaraan Istri Anggota DPR RI masa bhakti 2014-2019 prihatin dengan budaya baca dan literasi di Indonesia yang sangat jauh tertinggal dari negara-negara maju. Kemajuan teknologi gadget, di satu sisi adalah positif dalam mempermudah komunikasi, namun di sisi lain menjadi penyebab dalam menurunnya minat dan budaya baca serta literasi di Indonesia,” jelas Grace.

Tidak hanya itu, ketersediaan buku bacaan dan kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan menyebabkan disparitas yang tinggi antar daerah dalam tingkat  minat dan budaya baca di Indonesia.

"Sebagai wujud nyata kami dalam mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan minat dan budaya baca di Indonesia itulah PIA DPR RI tergerak untuk membuat dan meresmikan Pondok Baca PIA DPR RI di Salatiga ini," pungkasnya.

Ditambahkan Ketua Panitia Baksos PIA DPR RI kali ini Lisa Robert Kardinal, pada kesempatan ini PIA DPR tidak hanya membangun ruang perpustakaan, namun juga  memberikan sekitar 6 ribuan buku dari berbagai jenis bacaan seperti buku pelajaran anak sekolah, buku agama, buku sastra bahkan buku kecantikan untuk para wanita serta buku pertanian bagi para petani.

"Selain membangun dan menyediakan buku di pondok baca ini, kami juga memberikan sejumlah dana bagi anak yatim piatu, para guru serta sumbangan untuk kemajuan kegiatan remaja seperti drum band yang telah kami saksikan bersama hari ini," paparnya.

Lisa berharap agar apa yang telah diberikan ini tidak hanya menjadi ladang pahala buat seluruh anggota PIA DPR RI namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Dukuh, Salatiga ini. Oleh karena itu, pihaknya juga meminta agar apa yang sudah diberikan ini dapat terus dijaga keberadaan dan pengelolaannya. (ayu/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
PIA Rayakan Natal Bersama Anak Panti Asuhan
06-12-2018 / LAIN-LAIN
Isteri Wakil Ketua DPR RI Tri Hatmanti Utut Adianto mengapresiasi pelaksanaan perayaan natal Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) dari Fraksi PDI...
Legislator: Sudah Waktunya UU Media Direvisi
09-11-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Sakti Simbolon menyatakan bahwa sudah waktunya Undang-Undang (UU) yang mengatur media harus direvisi. Ia...
Media Partisan Dianggap Cederai Demokrasi
08-11-2018 / LAIN-LAIN
Media adalah sarana paling penting dalam proses berjalannya demokrasi di era reformasi saat ini. Ruang yang dibuka seluas-luasnya ini menjadi...
Peredaran Ponsel Ilegal Harus Diberantas
07-11-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi III DPR RI Taufiqulhadi menegaskan, peredaran ponsel ilegal harus diberantas. Ponsel ilegal yang masuk ke pasaran dalam negeri...