Komisi V Dukung Pembangunan Jembatan Layang Canguk Magelang

12-01-2018 / KOMISI V

Tim Kunspek Komisi V DPR RI, dipimpin Ketua Komisi Fary Djemi Francis tinjau calon lokasi yang akan dibangun flyover dan underpass di Canguk , Magelang/Foto:Iwan Armanias/Iw

 

Komisi V DPR RI mendukung upaya Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, membangun jembatan layang (flyover) di Persimpangan Canguk untuk mengatasi kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas di kawasan itu.

 

“Pembangunan jembatan layang tersebut sebagai prioritas, terutama untuk mengatasi permasalahan kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas dari Jalan Urip Sumaharjo, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Raya Tegalrejo,” ungkap Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis saat memimpin Tim Kunspek Komisi V ke calon lokasi pembangunan jembatan layang di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (11/01/2018).

 

Politisi F-Gerindra itu mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan pemaparan tentang rencana pembangunan infrastruktur itu dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Joko Suparno. Pemkot Magelang pun beberapa waktu lalu telah mengusulkan rencana pembangunan itu kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

“Komisi V mendukung Pemkot Magelang, dan mendorong Kementerian PUPR untuk merealisasikannnya, karena mereka yang akan membangun. Setelah mendengar paparan dari Bappeda, kami pun bisa menerima alasan pentingnnya dibangun jembatan layang itu, dan memang membutuhkan dana yang cukup besar,” tambah politisi asal dapil NTT itu.

 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Suparno mengatakan, telah cukup lama Pemkot setempat mengusulkan kepada Kementerian PUPR tentang pentingnya pembangunan jembatan layang Canguk.

 

“Kami telah lama mengajukan proposal kepada Pemerintah Pusat dan sekarang mendapat lampu hijau. Kami yakin akan terealisasi dengan kedatangan Komisi V DPR RI dan Kementerian PUPR ini,” harapnya.

 

Pihaknya memperkirakan bahwa pembangunan jembatan layang dan underpass di Canguk membutuhkan dana sekitar Rp 119,9 miliar dengan spesifikasi antara lain jembatan layang tepi Sungai Elo sepanjang 340 meter dan lebar 9,4 meter. Rancangannya, flyover untuk arah Yogyakarta - Semarang, sedangkan underpass untuk arah Tegalrejo – Yogyakarta.

 

Kunjungan Spesifik ini diikuti beberapa anggota Komisi V dengan didampingi Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasi, Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Suparno dan pejabat lainnya. (iw/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kebijakan Afirmatif Pemerintah Ditunggu Pengemudi Ojek Daring
23-04-2018 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menegaskan, kebijakan afirmatif pemerintah terkait regulasi transportasi daring (online) sangat ditunggu masyarakat,...
Komisi V Akan Bahas Keberadaan Ojek Daring dengan Kemenhub dan Aplikator
23-04-2018 / KOMISI V
Komisi V DPR akan menindaklanjuti pengaduan Forum Peduli Transportasi Online Indonesia (FP-TOI) dan Perkumpulan Pengemudi Transportasi dan Jasa Daring Indonesia...
Bambang Haryo Sayangkan Konektivitas LRT Palembang
20-04-2018 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono menyayangkan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang tidak terkoneksi dan tidak...
Lima Stasiun LRT Dioperasikan untuk Asian Games 2018
20-04-2018 / KOMISI V
[Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir saat memimpin Tim Kunker Komisi V DPR RI meninjau pembangunan LRT Stasiun...