Kunjungan UPI Bandung Sebagai Wujud Kecintaan Masyarakat Kepada DPR

16-01-2018 / LAIN-LAIN

Anggota Komisi VIII DPR RI Deding Ishak, Anggota Komisi II Hetifah Sjaifudian, Kepala Badan Keahlian DPR RI Johnson Rajagukguk, foto bersama dengan para guru besar, dosen dan mahasiswa UPI Bandung, di Ruang Abdul Muis Gedung DPR RI/Foto:Kresno/Iw 

 

Anggota Komisi VIII DPR RI Deding Ishak menyatakan kunjungan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai wujud antusiasme, perhatian, dan kecintaan masyarakat kepada DPR RI.

 

“Kehadiran para guru besar, dosen dan mahasiswa UPI Bandung yang berjumlah sekitar 300 orang ini adalah  sebagai wujud antusiasme, perhatian dan kecintaan masyarakat kepada DPR RI,” katanya saat menerima kunjungan UPI Bandung bersama anggota Komisi II Hetifah Sjaifudian dan Kepala Badan Keahlian DPR RI Johnson Rajagukguk di Ruang Abdul Muis Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

 

Menurut politisi Golkar ini, kunjungan ini sesuai dengan  harapan DPR sebagai rumah akyat yang senantiasa menyuarakan, memperjuangkan, mengartikulasikan, mengagregasikan semua aspirasi dan tuntutan dari rakyat, agar rakyat Indonesia betul-betul berdaya, sejahtera dan kemudian betul-betul merasakan manfaat dari keberadaan dan peran dari DPR itu.

 

Deding juga mengatakan, bahwa output yang diharapkan dari kegiatan seperti ini adalah adanya timbal balik kepada mahasiswa beserta tenaga pengajar yang ada didalamnya soal tambahan informasi terkait praktek ketatanegaraan, praktek terhadap proses keberadaan dan peran DPR RI dalam periode saat ini.

 

Dan bagi DPR RI sendiri, dirinya menyatakan bahwa semua hal yang didiskusikan di dalam forum ini merupakan masukan dan pandangan-pandangan yang orisinil, penting dan positif bagi upaya perbaikan pembenahan DPR RI sebagai lembaga negara yang sangat penting dalam ketatanegaraan Indonesia. Sehingga, pertemuan ini menjadi sangat bermanfaat.

 

 

“Mudah-mudahan silaturahmi komunikasi pertemuan  seperti ini bisa ditindaklanjuti oleh kegiatan-kegiatan yang merupakan bagian dari upaya penguatan DPR. Umpamanya sekarang boleh digagas dan disepakati adanya kerja sama antara Kesetjenan khususnya BKD dengan UPI Bandung dalam kontek penguatan tenaga ahli di DPR ini suatu langkah yang positif konkret,” paparnya.

 

Sementara itu dalam acara yang difasilitasi Humas Sekretariat Jenderal DPR RI ini, anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian memberikan motivasi kepada para mahasiswa UPI Bandung khususnya para mahasiswinya yang diharapkan mampu menjadi perwakilan perempuan-perempuan yang turut mendedikasikan dirinya di kancah politik. Dirinya juga berharap perempuan-perempuan yang mencalonkan dirinya di pesta demokrasi tidak saja berkompetensi, akan tetapi juga memiliki jiwa kontestasi yang siap memenangkan persaingan di dunia politik.

 

“Di politik inikan sekarang masih sangat maskulin, walaupun kita sudah memberikan suatu afirmasi khususnya didalam proses kandidesi atau pencalonan. Sekarangkan minimal 30% perempuan tetapi kalau kami melihat, walaupun calonnya sudah lebih dari 37% di 2014 yang lalu, kan prakteknya hanya sekitar 18% saja yang terpilih,” ungkapnya.

 

Ia melanjutkan, perempuan-perempuan yang menjadi calon itu bukan saja dia mempunyai kompetensi tapi juga dia siap berkontestasi atau siap memenangkan suatu persaingan di dalam politik.

 

“Apalagi sekarang mau pilkada, perempuan sedikit sekali, jauh lebih sedikit hanya sekitar 7% dari 3 kali pilkada serentak itu, perempuan ngga pernah lebih dari 7%. Karena memang untuk bisa dicalonkan saja didalam pilkada itu sangat sulit dan tidak ada afirmasi seperti pencalonan pemilihan legislasi (Pileg),” tutupnya. (ndy/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Musuh Utama Pilkada Harus Diatasi
23-02-2018 / LAIN-LAIN
Diskusi publik di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (23/2/2018) foto:doeh|DN Pilkada serentak yang akan dihelat tahun ini menghadapi banyak...
Revisi UU MD3 Tidak Mengandung Delik Pidana
19-02-2018 / LAIN-LAIN
Disahkannya Revisi Kedua Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) menimbulkan pro kontra di...
Pengajian PIA DPR Usung Tema Istiqomah Dalam Cinta
14-02-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI Leni Bambang Soesatyo mengatakan pengajian rutin yang digelar PIA di setiap bulannya sangat...
Gerakan Tanam 1000 Pohon PIA DPR Wujud Kesadaran Lingkungan
13-02-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI Lenny Bambang Soesatyo mengatakan, gerakan penanaman 1000 pohon oleh PIA DPR RI dalam...