Aryo: DPR Komitmen Tuntaskan RUU Perlindungan Umat Beragama

17-01-2018 / LAIN-LAIN

Anggota Baleg DPR RI Aryo P.S. Djojohadikusumo . Foto : Andri/Man

 

Anggota Baleg DPR RI Aryo P.S. Djojohadikusumo mengatakan, DPR berjanji akan mendorong pembahasan RUU Perlindungan Umat Beragama dapat diselesaikan pada tahun ini. Pasalnya, saat ini kerap muncul kerikil atau gesekan terkait persoalan keragaman beragama.

 

"Target akan kita kejar enam bulan pertama ini, karena ini momen sangat bagus memastikan bahwa keragaman itu indah dan dilindungi oleh UU, tidak ada alasan untuk tidak menuntaskan RUU ini," ujar Aryo saat di wawancarai di Kantor Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Salemba, Jakarta, Rabu, (17/1).

 

Kedatangannya kali ini dalam rangka mengundang perwakilan PGI untuk menghadiri acara perayaan Natal Gabungan MPR/DPR/DPD yang akan diselenggarakan pada 24 Januari 2018 mendatang.

 

Sebelumnya, Rancangan RUU Perlindungan Umat Beragama telah masuk kedalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) pada tahun 2015-2019. Saat ini diakui belum ada UU yang kuat melindungi umat beragama atas kepercayaannya.  

 

Menyoal isu keragaman umat beragama, dahulu sempat mencuat desakan atau masukan untuk menghapuskan Undang-undang Nomor 1/PNPS/1965 tentang Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Namun, pasal tersebut ditolak oleh MK setelah beberapa kali uji materi.

 

Pada kesempatan tersebut, Ketua PGI Henriette T Lebang mengharapkan agar RUU tersebut segera  dibahas oleh DPR bersama Pemerintah.  "Masukan tersebut harus dilihat secara bijak terutama dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk. Bagaimana konsep Perlindungan Umat Beragama  dapat diterapkan sehingga setiap warga negara, dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing- masing dan dilindungi oleh negara," tambahnya. (ann/si)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Publik Perlu Awasi Pembiayaan Politik
04-10-2018 / LAIN-LAIN
Besarnya anggaran pembiayaan politik jelang pemilu presiden dan pileg, jadi catatan tersendiri agar bisa diawasi secara maksimal oleh masyarakat. Mengingat...
Negara Harus Hadir Hentikan Pasung bagi ODGJ
02-10-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari menegaskan, negara harus hadir untuk penghentian pasung bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa...
DPD RI Gelar Acara HUT ke-14
01-10-2018 / LAIN-LAIN
Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar perayaan hari ulang tahunnya yang ke-14. Pada momen ulang tahun ini, DPD...
Huntara untuk Korban Gempa NTB Segera Dibuat
21-09-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Panitia Penyelenggara Pameran “DPR Peduli Huntara for NTB” Ifik Ismoedjati mengatakan, donasi untuk korban gempa Lombok, dan Sumbawa, Nusa...