Peserta Jamkestama Harus Diberi Layanan Terbaik

26-01-2018 / B.U.R.T.

Anggota BURT DPR Ribka Tjiptaning saat pertemuan dengan jajaran Direksi RSUP dr. M. Djamil Padang, foto : suciati/hr

 

 

Peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) yang terdiri dari para anggota DPR RI dan keluarganya berhak atas akses layanan kesehatan VVIP. Jasindo sebagai penyelenggara Jamkestama telah memberi jaminan kesehatan dan menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit berfasilitas lengkap di seluruh Indonesia. Inilah regulasi yang diberikan kepada para pejabat penyelenggara negara.

 

Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI selalu memantau kerja sama Jasindo dengan sejumlah rumah sakit tersebut, termasuk akan melakukan kerja sama dengan RSUP dr. M. Djamil di Padang, Sumatera Barat. Rumah sakit bertipe A ini memiliki fasilitas kesehatan sangat lengkat plus tenaga medis yang juga lengkap. Tinggal bagaimana rumah sakit ini memberi layanan yang terbaik sesuai standar VVIP bagi para anggota dewan dan keluarganya.

 

Anggota BURT DPR Ribka Tjiptaning saat pertemuan dengan jajaran Direksi RSUP dr. M. Djamil Padang, Kamis (26/01/2018), menyerukan agar rumah sakit provider yang sudah bekerja sama dengan Jasindo tak perlu lagi menanyakan kartu kepesertaan atau melakukan konfirmasi dulu ke Jasindo. Apalagi, bagi rumah sakit yang dibiayai APBN harus sudah mengerti regulasi layanan bagi peserta Jamkestama.

 

“Rumah sakit ini adalah rumah sakit yang dibiayai oleh APBN. Jangan sampai menolak pasien, apalagi pasien yang di-cover oleh Jasindo yang notabene pejabat negara. Jangan ada cerita lagi, ketika pasien harus diambil tindakan seperti MRI, tetapi harus menunggu konfirmasi dari Jasindo,” ucap Ribka.

 

Yang penting, sambung Anggota F-PDI Perjuangan itu, pasien Jamkestama diberikan layanan medis dahulu dengan cepat dan tepat. Pihak rumah sakit juga tak perlu khawatir dengan klaim pembayaran pesertas Jamkestama, karena pasti mendapat jaminan pembayaran dari Jasindo.

 

Sebaliknya, bagi Jasindo sendiri harus memberi komitmen yang jelas bagi mitra rumah sakitnya. Dengan begitu, tak ada konflik dalam memberi layanan kesehatan VVIP. “Jangan dipersulit pasien yang menggunakan kartu Jasindo,” harapnya, singkat.

 

Senada dengan Ribka, Wakil Ketua BURT Hasrul Azwar juga mendesak rumah sakit provider tak perlu banyak bertanya lagi kepada pasien pemegang kartu Jasindo. Para pemegang kartu itu sudah dipastikan pejabat negara. Ruang perawatan dan layanan VVIP menjadi hak para pejabat bila ingin berobat ke setiap rumah sakit provider yang ditunjuk Jasindo. (sc/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BURT Minta Relokasi Lapangan Tembak Senayan
18-10-2018 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI akan meminta relokasi Lapangan Tembak Senayan, Jakarta. Hal tersebut diungkapkan Ketua BURT DPR...
Insiden Peluru Nyasar, BURT Akan Undang Kapolri, Setneg dan Perbakin
18-10-2018 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Anthon Sihombing akan mengundang Sekretariat Negara (Setneg), Polri, dan Persatuan Menembak Sasaran...
BURT Tinjau Pelaksanaan Program Jamkestama di SPH Padang
18-10-2018 / B.U.R.T.
Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI meninjau pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) bagi 560 Anggota DPR RI beserta...
Data Riwayat Kesehatan Penting untuk Kecepatan Penanganan
12-10-2018 / B.U.R.T.
Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Rendy M. Affandy Lamadjido menekankan pentingnya data riwayat kesehatan atau database medical...