Pamdal dan Petugas Pemadam Cepat Atasi Kebakaran di Ruang Tenaga Ahli BKSAP

03-02-2018 / LAIN-LAIN

Kondisi ruang tenaga ahli BKSAP yang terbakar. Foto: Odjie/od

 

Ruang Kerja Tenaga Ahli Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) yang berada di lantai 4 Gedung Nusantara III DPR RI Sabtu (3/2/2018) pagi pada pukul 07.40 WIB terbakar. Kebakaran ruangan yang berada dipojok sisi utara berukuran 3x4 meter ini tidak sampai merembet ke ruangan lain.

 

Plt. Sekjen DPR Damayanti yang ditemui Parlementaria saat meninjau lokasi kebakaran mengapresiasi kesigapan petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) dan Pemadam Kebakaran yang bergerak cepat menangani kebakaran tersebut hingga tidak merembet ke ruangan lainnya.

 

"Kebakaran bisa cepat diatasi dalam hitungan menit dengan alat pemadam api ringan (APAR) oleh petugas Pamdal yang lebih dulu merespon bunyi alarm dibantu Petugas Pemadam Kebakaran di lingkungan DPR RI, ungkap Maya, demikian sapaan akrabnya.

 

Ia menambahkan, dari laporan petugas Pamdal sistem alarm di lantai 4 berbunyi dan bekerja dengan baik, sehingga cepat direspon oleh petugas Pamdal dengan memecahkan akses pintu kaca yang terkunci dengan tabung APAR.

 

"Tidak ada dokumen penting yang terbakar, sudah saya tanyakan ke Karo KSAP dokumen yang ada di ruangan tersebut hanyalah bahan-bahan yang akan dipakai rapat BKSAP," imbuh Maya.

 

Mengenai penyebab utama kebakaran Maya meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan forensik pihak kepolisian. 

 

Belajar dari kasus kebakaran tersebut, Plt. Sekjen Damayanti menghimbau semua karyawan di lingkungan DPR RI setiap selesai bekerja terlebih jika hari libur untuk mematikan dan mencabut semua peralatan listriknya sebagai upaya preventif mencegah dari bahaya kebakaran akibat konsleting listrik.

 

Selain Plt. Sekjen Damayanti yang meninjau langsung lokasi juga nampak didampingi Deputy Administrasi Mardian Umar, dan Kepala Biro BKSAP Endah Tjahjani Dwirini. (oji/sa)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Publik Perlu Awasi Pembiayaan Politik
04-10-2018 / LAIN-LAIN
Besarnya anggaran pembiayaan politik jelang pemilu presiden dan pileg, jadi catatan tersendiri agar bisa diawasi secara maksimal oleh masyarakat. Mengingat...
Negara Harus Hadir Hentikan Pasung bagi ODGJ
02-10-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari menegaskan, negara harus hadir untuk penghentian pasung bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa...
DPD RI Gelar Acara HUT ke-14
01-10-2018 / LAIN-LAIN
Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar perayaan hari ulang tahunnya yang ke-14. Pada momen ulang tahun ini, DPD...
Huntara untuk Korban Gempa NTB Segera Dibuat
21-09-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Panitia Penyelenggara Pameran “DPR Peduli Huntara for NTB” Ifik Ismoedjati mengatakan, donasi untuk korban gempa Lombok, dan Sumbawa, Nusa...