Pentingnya Sosialisasi dan Penyerapan Aspirasi Prolegnas 2018

09-02-2018 / BADAN LEGISLASI

Anggota Baleg DPR RI Luthfi Andi Mutty foto : Ica/mr.

 

 

Sosialisasi dan penyerapan aspirasi masyarakat dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas tahun 2018 dan Perubahan Program Legislasi Nasional tahun 2015-2019 merupakan hal yang sangat penting bagi Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Baleg menerima banyak masukan dari masyarakat dan jajaran pemerintahan Provinsi Gorontalo dan masyarakat juga mendapatkan informasi terkait Prolegnas 2018.

 

“Pertemuan antara Baleg dengan jajaran Pemerintah Daerah Gorontalo sangatlah bermanfaat. Baleg menerima banyak masukan, terutama tentang Undang-Undang (UU) tentang Pendidikan Kedokteran, UU tentang Pemerintah Daerah, dan UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” jelas Anggota Baleg DPR RI Luthfi Andi Mutty, dalam kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo, Kamis (8/2/2018).

 

Luthfi menjelaskan bahwa masukan-masukan dari masyarakat dan Pemerintah Provinsi Gorontalo tersebut akan dibawa dalam rapat-rapat di DPR. Selain itu, politisi dari fraksi NasDem itu juga menanggapi respon masyarakat yang ingin DPR untuk segera menyelesaikan semua pembahasan RUU.

 

“Antusiasme peserta dalam pertemuan ini cukup bagus. Memang di mana-mana, masyarakat berharap supaya RUU yang dibahas di DPR itu segera mungkin untuk dijadikan UU. Tetapi, mekanisme di DPR tidak bisa mengejar kecepatan tanpa memperhatikan proses,” jelas Luthfi.

 

Luthfi menambahkan, DPR memiliki 10 fraksi yang memiliki berbagai kepentingan. Baleg terus berupaya agar kepentingan-kepentingan yang berbeda tersebut dapat dipersatukan dalam pembahasan RUU. Luthfi berpendapat bahwa sebenarnya tidak ada kendala yang signifikan dalam proses penyusunan RUU di Baleg.

 

“Secara prinsip sebenarnya tidak ada yang terlalu menjadi masalah. Sepanjang semua yang hadir di situ membawa kepentingan berdasarkan kepentingan yang lebih besar, kompromi dapat cepat tercapai. Itu pengalaman saya selama ini, tidak ada UU yang dibahas bertele-tele,” tutup politisi dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan III itu. (ica/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Baleg Setujui RUU BUMN Jadi Usul Inisitif DPR
25-07-2018 / BADAN LEGISLASI
Rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dengan agenda pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan Konsepsi Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Badan Usaha Milik...
RUU Pendidikan Kedokteran akan Efektifkan Jenjang Pendidikan Dokter
18-07-2018 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto menyatakan, aturan jenjang pendidikan dokter dalam RUU Pendidikan Kedokteran diharapkan efektif...
RUU Pendidikan Kedokteran Akan Beri Perhatian pada Standarisasi Kompetensi
18-07-2018 / BADAN LEGISLASI
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Wenny Haryanto mengungkapkan belum solidnya standarisasi pendidikan kedokteran antara fakultas kedokteran dengan penyelenggaraan Ujian...
Baleg DPR Terima DPRD Kabupaten Gresik
13-07-2018 / BADAN LEGISLASI
Tenaga Ahli Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Joko Riskiyono mematahkan kekhawatiran Bapemperda DPRD Kabupaten Gresik terkait overlapping tugasnya dengan Alat...