Gerakan Tanam 1000 Pohon PIA DPR Wujud Kesadaran Lingkungan

13-02-2018 / LAIN-LAIN

Secara Simbolis Ketua PIA DPR Lenny Bambang Soesatyo menanam pohon di acara Gerakan Tanam 1000 pohon disaksikan Ketua DPR RI di Gedung DPR RI Senayan jakarta, foto : jaka/hr

 

 

 

Ketua Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI Lenny Bambang Soesatyo mengatakan, gerakan penanaman 1000 pohon oleh PIA DPR RI dalam rangka penghijauan, merupakan suatu bentuk wujud kesadaran dan kepedulian PIA DPR RI terhadap pelestarian lingkungan. Khususnya dalam mendukung gerakan penghijauan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada bulan Desember 2017 lalu.

 

“Gerakan menanam 1000 pohon oleh PIA DPR RI ini juga merupakan salah satu bentuk kesadaran Anggota PIA DPR RI yang tergabung. Dan juga dengan harapan masyarakat Indonesia bisa terinspirasi dan mengikuti gerakan seperti yang kita lakukan hari ini agar ke depan masyarakat Indonesia bisa terbebas dari polusi dan bahaya banjir serta tanah longsor,” kata Lenny dalam pidato sambutannya di acara Gerakan Penanaman 1000 pohon oleh PIA DPR RI di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

 

Lenny mengungkapkan, kegiatan penanaman 1000 pohon yang dilakukan oleh PIA merupakan suatu bentuk tahapan awal dalam rangka penghijauan. “Tentunya setelah ini selanjutnya kami akan mengagendakan untuk perawatan dan penghijauan, sehingga pohon-pohon yang kami tanam pada hari ini tetap hijau dan terawat,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua PIA DPR RI Grace Fadli Zon menilai pelaksanaan kegiatan penanaman 1000 pohon oleh PIA DPR RI merupakan satu bentuk kegiatan dengan harapan untuk memberikan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat, khususnya dalam menanam pohon.

 

“Tema lingkungan dipilih PIA DPR RI untuk mengawali kegiatan di tahun 2018. Seperti kita tahu juga bahwa akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor. Hal tersebut cukup membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan tergolong cukup rendah,” ungkapnya.

 

Grace menjelaskan pohon yang ditanam merupakan tanaman pohon yang keberadaannya cukup langka yang ada di Indonesia. “Karena keterbatasan waktu, tempat, dan dana, memang saat ini hanya 10-12 macam tanaman pohon saja yang dapat kami tanam hari ini. Tapi Insyaallah ini akan berlanjut di beberapa tempat setelah ini dan tentunya akan kita perbanyak jenis dari tanamannya,” harap Grace. 

 

Sementara Ketua Panitia Lisa Robert Kardinal dalam sambutannya melaporkan tanaman pohon yang ditanam merupakan jenis buah-buahan dan dalam penyediaannya bekerja sama dengan Dinas Pertanian. 

 

“Adapun tanaman yang disiapkan antara lain ada duren montong, jambu jamaika, sawo putih, rambutan, matoa, alpukat, jamblang, jeruk, pamelo, nangka mini, jambu kristal, kedondong, zaitun, tin hijau, dan kelengkeng,” tutur Lisa.

 

Mengenai lokasi tempat diadakannya penanaman pohon, Lisa memandang hal tersebut merupakan kesepakatan bersama antar anggota PIA DPR RI yang selanjutnya juga diagendakan penanaman di beberapa tempat lain. “Penanaman pohon ini nantinya juga akan diselenggarakan di lingkungan Komplek Rumah Jabatan Kalibata dan Ulujami, juga di Wisma Griya Sabha Kopo, Jawa Barat,” imbuhnya. (tra/sc)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Publik Perlu Awasi Pembiayaan Politik
04-10-2018 / LAIN-LAIN
Besarnya anggaran pembiayaan politik jelang pemilu presiden dan pileg, jadi catatan tersendiri agar bisa diawasi secara maksimal oleh masyarakat. Mengingat...
Negara Harus Hadir Hentikan Pasung bagi ODGJ
02-10-2018 / LAIN-LAIN
Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari menegaskan, negara harus hadir untuk penghentian pasung bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa...
DPD RI Gelar Acara HUT ke-14
01-10-2018 / LAIN-LAIN
Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar perayaan hari ulang tahunnya yang ke-14. Pada momen ulang tahun ini, DPD...
Huntara untuk Korban Gempa NTB Segera Dibuat
21-09-2018 / LAIN-LAIN
Ketua Panitia Penyelenggara Pameran “DPR Peduli Huntara for NTB” Ifik Ismoedjati mengatakan, donasi untuk korban gempa Lombok, dan Sumbawa, Nusa...