Baleg DPR Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Pada RUU Prioritas

13-02-2018 / BADAN LEGISLASI

Wakil Ketua Baleg Martin Hutabarat, foto : arief/hr

 

 

Ketua Tim Rombongan Kunjungan Kerja Badan Legislasi DPR RI Martin Hutabarat menegaskan, DPR dalam setiap perumusan undang-undang selalu mengutamakan aspirasi masyarakat, sehingga tanpa adanya aspirasi masyarakat mustahil sebuah undang-undang akan dibuat oleh DPR.

 

Hal itu diungkapkan saat  Sosialisasi Prolegnas Prioritas 2018 ke Sumatera Selatan. Ia pun memberikan apresiasi atas aspirasi yang diperoleh dalan kunjungan tersebut. "Aspirasi masyarakat adalah kunci suksesnya pembuatan UU. Tanpa ada masukan masyarakat, mustahil UU itu ada," ungkap Martin di Palembang, Selasa (13/2/2018).

 

Politisi Gerindra ini menuturkan bahwa saat ini Baleg sedang berupaya mempercepat pembahasan revisi UU Perkelapasawitan, karena Sumatera Selatan adalah daerah dengan produksi kelapa sawit yang besar. Maka kunjungan ini sangat penting dalam rangka menghimpun aspirasi masyarakat Sumsel.

 

"Kita dari Baleg ada usaha untuk percepat revisi UU Minerba dan revisi UU Perkelapasawitan. Itu sudah ada RUU-nya di Prolegnas. Produksi kelapa sawit di Sumsel ini besar, meski daerahnya tidak terlalu luas dibanding Kalimantan. Karenanya, dalam proses pembuatan UU Perkelapasawitan, maka harus dengar aspirasi masyarakat Sumsel," jelas Martin.

 

Ia pun juga ingin menegaskan ke masyarakat bahwa RUU Perkelapasawitan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tanpa ada tujuan tersebut, mustahil sebuah UU akan dirancang oleh DPR. "RUU Perkelapasawitan mulai dibahas di Baleg dan ini diusahakan untuk tujuan agar kelapa sawit dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat," tutupnya.

 

Hadir dalam pertemuan dengan Tim Baleg ini,  Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar serta seluruh jajaran SKPD Pemprov Sumsel. (hs/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Program DLP, Pemborosan Uang Negara
27-04-2018 / BADAN LEGISLASI
Program Dokter Layanan Primer (DLP) yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran dinilai sebagai bentuk pemborosan...
DPR Dukung Pemprov Sumsel Bangun Fakultas Kedokteran Terbaik
27-04-2018 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto mendukung rencana Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang akan membangun Fakultas...
Penguatan BUMN untuk Kesejahtaraan Rakyat
24-04-2018 / BADAN LEGISLASI
Badan Legislasi DPR RI bersama dengan Komisi VI DPR RI menyelenggarakan rapat harmonisasi Rancangan Undang-Undang tentang Badan Usaha Milik Negara...
Revisi UU BUMN Akan Perkuat BUMN
24-04-2018 / BADAN LEGISLASI
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Totok Daryanto menekankan, dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) yang baru tentang Badan Usaha Milik Negara...