Pemerintah Diminta Usut Tuntas Kasus Meninggalnya TKI Adelina

13-02-2018 / KOMISI IX

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi(tengah), foto : azka/hr

 

 

Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi merasa prihatin atas meninggalnya Adelina Lisao, tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia pada hari Minggu kemarin. Dede meminta pemerintah mengusut tuntas dugaan pembunuhan terhadap Adelina tersebut.

 

“Kami sangat terpukul atas kasus ini, untuk itu perlu ada suatu tindakan dari pemerintah, supaya kasus seperti Adelina ini tidak sampai terjadi lagi,” ungkap Dede di ruang rapat Komisi IX DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

 

Untuk memberi perlindungan kepada pekerja migran, pihaknya telah melegalkan Undang-Undang (UU) nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI), namun ia menyayangkan pemerintah yang sampai saat ini belum juga membuat peraturan turunan.

 

“Peraturan turunan dari UU 18/2017 tentang PPMI harus segara turun, agar bisa  dijadikan pentunjuk pelaksaan bagi kementerian terkait. Selain itu, harus ada kebijakan negara tujuan untuk memberikan satu perlindungan bagi tenaga kerja kita, melalui hubungan bilateral,”  tegasnya.  

 

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi IX DPR Amelia Anggraini. Ia  meminta pemerintah dalam hal ini Badan Nasional Penempatan dan Perlidungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk mengusut tuntas kasus dugaan pembunuhan TKI asal Indonesia, Adelina di Malaysia.

 

“Ini miris sekali, meningggal di kandang anjing dengan keadaaan yang mengenaskan. Untuk itu, pemerintah harus meminta agar pelaku diberi sanksi tegas sesuai hukum yang  berlaku di Malaysia. ini menyangkut harkat dan martabat bangsa kita,” jelasnya.

 

Selain itu, politisi partai Nasdem itu juga berharap pemerintah tetap memberikan hak-hak Adelina seperti gaji hingga asuransi kepada ahli waris.

 

Sebelumnya diberitakan, tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di Malaysia, Adelina (21) tidur bersama anjing selama sebulan. Perempuan ini tampak takut merespon saat hendak dievakuasi tim penyelamat.

 

Di tubuh Adelina terdapat nanah pada bekas luka bakar. Dia meninggal setelah dirawat di rumah sakit di Malaysai. Polisi setempat sedang menyelidiki dugaan penyiksaan terhadap Adelina. (rnm/sc)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Panja BPJS Ketenagakerjaan Tinjau kepesertaan BPJS Ketengakerjaan di Prov Sumbar
16-10-2018 / KOMISI IX
Tim Panitia Kerja (Panja) BPJS Ketenagakerjaan melakukan kunjungan spesifik ke Provinsi Sumatera Barat, Selasa (16/10/2018). Kunjungan yang dipimpin Abidin Fikri...
Andi Fauziah Evaluasi Kinerja BKKBN
11-10-2018 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie Hatta mengkritisi program Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dijalankan oleh Badan Kependudukan...
Komisi IX Berusaha Luruskan Permasalahan IFI atas Perdir BPJS Kesehatan
08-10-2018 / KOMISI IX
Terbitnya Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Nomor 05 Tahun 2018 tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik...
Tugas Bidan, Perawat dan Dokter tak akan Tumpang Tindih
08-10-2018 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso meyakinkan Rancangan Undang-Undang Kebidanan yang tengah dibahas Komisi IX DPR RI dengan pemerintah...