Peran Ilmuwan Penting Dalam Memajukan Bangsa

13-02-2018 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo(kiri), foto : jaka/hr

 

 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI)   karena kepedulian terhadap nasib bangsa. Bamsoet menilai peran ilmuwan sangat penting dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

 

"Kemajuan ilmu pengetahuan menjadi salah satu tolak ukur tingkat harkat, derajat, dan martabat sebuah bangsa. Para ilmuwan mendapatkan posisi terhormat menjadi garda terdepan dalam mendorong berkembangnya budaya ilmiah di masyarakat," tutur Bamsoet saat menerima ALMI di ruang kerjanya di DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa  (13/2/2018).

 

Ia  mengaku bersyukur bisa bertemu kawan-kawan ALMI, karena DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat tak terlepas dari sentuhan akademis."Kawan-kawan ALMI bisa menjadi sahabat baik DPR RI. Kami di sini mempunyai Badan Keahlian Dewan yang berisi para Doktor dan Profesor dari berbagai disiplin ilmu. DPR RI masih banyak membahas berbagai RUU, seperti RUU Penyiaran, Pertanian, Terorisme, dan lain-lain. Kita butuh masukan dari berbagai pihak. Yang paling penting tentu kajian akademik dari para ilmuwan. ALMI bisa berkontribusi di sana," jelas Bamsoet.

 

Untuk itu, pihaknya akan meminta Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan, agar dalam proses pembahasan dan kajian terhadap sebuah RUU, ALMI bisa dilibatkan. Sehingga dapat memaksimalkan penggunaan ilmu pengetahuan dalam perumusan kebijakan. Sekaligus sebagai wujud nyata kepedulian DPR RI terhadap keberadaan para ilmuwan muda Indonesia.

 

Di tempat yang sama, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc mengatakan, ilmuan tidak boleh sekedar memproduksi tetapi bisa menawarkan solusi pada pengembangan bangsa. "Kami menyadari bangsa Indonesia harus maju cepat dan harus sejajar dengan bangsa lain," jelasnya seraya mengatakan untuk mencapai itu perlu kerja keras dan kerja cerdas. 

 

Oleh karena  itu, tujuan kehadirannya di DPR adalah untuk mengajak semua pihak terutama  DPR untuk bisa menjadi mitra yang kuat dalam mengawal bangsa ini mencapai cita-citanya. "Kita memerlukan strategi yang baik sehingga ekonomi bangsa tidak tertinggal karena  terlambat bergeser. Kita harus mengubah ekonomi yang berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi berbasis inovasi," tuturnya.

 

Untuk diketahui, saat ini ALMI memiliki 40 anggota ilmuwan muda dengan berbagai bidang keahlian. (rnm/sc)

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Fahri Hamzah Usul Lapangan Tembak Dipindah
16-10-2018 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Fahri Hamzah mengusulkan dipindahkannya lapangan tembak. Hal tersebut diungkapkannya dalam forum dialektika...
Bamsoet Desak Polri Usut Peluru Nyasar
16-10-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendesak pihak Polri untuk memproses kasus kelalaian salah seorang anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) ke...
Ketua DPR Minta Pengelola Lapangan Tembak Lebih Hati-hati
16-10-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pengelola Lapangan Tembak Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) di Senayan untuk lebih berhati-hati dan selalu...
Pancasila Diakui Dunia Sebagai Alat Pemersatu
15-10-2018 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bangsa Indonesia sepatutnya bangga karena memiliki alat pemersatu yakni Pancasila, yang kini secara luas...