DPR Butuh Kritik

14-02-2018 / PARIPURNA
Ketua DPR bambang Soesatyo menyampaikan Pidato Penutupan masa Sidang III Tahun Sidang 2017-2018, foto : runi/hr

 

Suasana Sidang Paripurna DPR RI dengan agenda Penutupan Masa Sidang III Tahun Sidang 2017-2018 yang dipimpin langsung ketuanya Bambang Soesatyo, Rabu (14/2/2018) berbeda dengan biasanya. Selain pidato penutupan sidang, agenda lainnya adalah Laporan Ketua Panitia  Angket KPK Agun Gunanjar Sudarsa yang melaporkan hasil kerja dan penyampaian rekomendasi.

 

Yang membuat suasana agak lain lantaran Ketua DPR yang mengenakan baju hitam menandakan keprihatinan karena banyaknya kritik kepada wakil-wakil rakyat setelah mengesahkan revisi UU MD3. Derasnya kecaman ke DPR dengan disahkannya revisi UU MD3 tersebut diantaranya, DPR dituduh anti kritik, dan menghambat demokrasi. Seperti tanggapan Pukat UGM, UU MD3 ini menjadikan DPR Anti Kritik, dan hal itu mengancam demokrasi serta mengurangi kontrol masyarakat kepada DPR.

 

“Saya mengenakan pakaian hitam-hitam ini bukan tanpa maksud. Saya menanggapi dengan jiwa besar bahwa DPR butuh kritik,” tandas Bamsoet. Bahkan kalimat “DPR Butuh Kritik” terpampang di layar Sidang Paripurna”.

 

Dalam bagian pidatonya Ketua DPR menegaskan, dengan semangat untuk terus berbenah, DPR senantiasa memperhatikan aspirasi dan masukan masyarakat. Di era keterbukaan sekarang ini, kita tidak boleh menutup mata atas kritik yang disampaikan masyarakat, apalagi yang sifatnya membangun.

 

“Justru kita harus menjadikan kritik sebagai vitamin yang dapat menyegarkan kehidupan demokrasi, karena sejatinya demokrasi adalah bagaimana mengkonversi berbagai perbedaan pandangan menjadi sebuah keputusan,” ujar Bamsoet.

 

Begitu besarnya perhatian atas kritik masyarakat ini, Ketua DPR mengisyaratkan akan diadakannya lomba kritik dengan mengundang para pihak termasuk pakar menilai kritik-kritik yang disampaikan. “Kalau perlu diadakan lomba kritik dan pemenangnya diberi hadiah menarik,” tantang Ketua DPR. (mp,ria/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU Pesantren dan Pendidikan Agama Harus Dikawal Khusus
07-01-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi I DPR RI Hidayat Nur Wahid meminta agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan mendapat pengawalan khusus...
Legislator Dorong Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Monumen Bela Negara
07-01-2019 / PARIPURNA
Anggota Komisi XI DPR RI Refrizal mendorong pemerintah untuk segera melanjutkan pembangunan Monumen Nasional Bela Negara Pemerintahan Darurat Republik Indonesia...
Pemerintah Didesak Keluarkan Sikap Keberpihakan pada Etnis Uighur
07-01-2019 / PARIPURNA
Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018-2019 memberikan perhatian khusus pada kasus kemanusiaan yang membelit Etnis...
Ketua DPR Berharap Anggota Dewan Atur Manajemen Waktu
07-01-2019 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap seluruh Anggota DPR RI mengatur manajemen waktu dengan sebaik-baiknya. Pasalnya dalam bulan-bulan ke depan...