Persoalan Database Peserta Jamkestama Jadi Perhatian BURT DPR

14-03-2018 / B.U.R.T.

Anggota BURT DPR RI Ahmad Bakri, foto : eno/hr

 

 

Anggota BURT DPR RI Ahmad Bakri memberikan sejumlah catatan yang harus disikapi oleh PT. Jasindo salah satunya mengenai database dari anggota DPR dan keluarga.

 

"Jangan sampai ada keluarga yang mungkin anak atau istrinya lupa membawa kartu, sedangkan pada saat bersamaan perlu mendapat penanganan cepat tapi itu tidak diterima karena lupa bawa kartu,  cukup dengan identitas lain dan dicocokkan. Oleh karena itu pihak asuransi memberi informasi kepada rumah sakit yang bermitra dengan kita itu database,  sehingga dengan penanganan bisa cepat dan tepat," kata Bakri di Bali, Selasa (13/3/2018) usai meninjau RS Bali Royal Hospital.

 

Hal ini menurut Bakri, diperlukan karena ada beberapa anggota yang merasa perlu waktu penanganan yang cepat tetapi dibenturkan oleh aturan-aturan itu.

 

"Nah saya berpikir untuk semua rumah sakit di provinsi yang menjadi rujukan dari pada perawatan anggota DPR dan keluarganya itu secepatnya database itu harus betul-betul dilakukan tidak ada lagi bahasa bahwa ada permasalahan apa data terlambat. Oleh sebab itu, semestinya hal-hal seperti ini tidak terulang lagi," tegasnya.

 

Menurut anggota BURT DPR RI Rendi Lamajido menerangkan permasalahan-permasalahan database sering ia ketahui terutama pada saat pendaftaran yang ia nilai banyak yang belum mengetahui posisinya, sehingga kadang-kadang kartu anggota itu dianggap sebelah mata karena tidak ada sosialisasi dari pemimpin rmah sakit tersebut dan Jasindo.

 

"Saya berharap Jasindo lebih serius menangani bukan saja anggota DPR tapi seluruh pejabat-pejabat tinggi negara, yang yang kita tahu mempunyai tugas yang sangat berat di mana perlu pemikiran fisik dan lain-lain. Saya kira bukan saja anggota DPR tetapi seluruh pejabat-pejabat negara yang melayani masyarakat dalam menjalankan pemerintahan ini supaya mendapat fasilitas-fasilitas bukan mewah tapi fasilitas yang komplit," harapnya.

 

Wakil Ketua BURT DPR Novita Wijayanti berharap setiap rumah sakit provider dari Jamkestama sudah memiliki database pejabat negara dan keluarganya, dan Jasindo itu juga memberikan pengarahan kepada rumah sakit yang menjadi provider.

 

Tim Kunjungan BURT ke Bali kali ini dipimpim oleh Ketua BURT Capt.  Anthon Sihombing (F-PG),  diikuti Novita Wijayanti (F-Gerindra), Agung Budi Santoso (F-Demokrat), Hasrul Azwar (F-PPP), Rendy Lamadjido (F-PDIP), Andi Fauziah Pujiwatie (F-Golkar), Muslim (F-Demokrat),  A. Bakri (F-PAN),  Refrizal (F-PKS), Ansori Siregar (F-PKS) , dan Irma Suryani Chaniago (F-Nasdem). (nt/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Fasilitas RS Budi Kemuliaan Batam Cukup Bagus dan Memadai
20-07-2018 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Anton Sihombing memimpin Tim melakukan Kunjungan Spesifik ke Rumah Sakit Budi Kemulian...
BURT DPR Harapkan RS Charitas Palembang, Berikan Pelayanan Optimal
19-07-2018 / B.U.R.T.
Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua Nurhayati Monoarfa meninjau Rumah Sakit RK. Charitas Palembang, Sumatera...
Agung Budi Santoso: Kartu Peserta Jamkestama Perlu Ditingkatkan Fungsinya
13-07-2018 / B.U.R.T.
Wakil Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso menginginkan adanya peningkatan fungsi kartu peserta Jamkestama sehingga memungkinkan ada chip yang...
Sistem Konfirmasi Antara Rumah Sakit dengan Jasindo Masih Lamban
13-07-2018 / B.U.R.T.
Anggota BURT DPR RI Ihsan Yunus menyoroti masalah klasik lambannya sistem konfirmasi antara pihak rumah sakit dengan Jasindo sehingga memakan...