Pemerintah Harus Berpihak Kepada Anak Bangsa

22-03-2018 / PANITIA KHUSUS

Anggota Pansus RUU Kewirausahaan Indah Kurnia (F-PDI Perjuangan)/Foto:Azka/Iw

 

Di era digitalisasi yang sudah tidak mungkin kita lawan lagi, e-commerce  sudah merambah ke seluruh dunia. Kini kesempatan bagi Indonesia untuk ikut bermain di situ, bukan sebagai pasar saja.

 

"Kalau untuk yang konvensional kita sudah banyak tertinggal dari negara-negara maju bahkan dari negara tetangga. Tapi untuk yang  masalah digitalisasi, finance dan teknologi sebenarnya kita memiliki peluang yang sangat besar untuk ikut bersama-sama maju," kata anggota Pansus RUU Kewirausahaan Indah Kurnia saat rapat dengar pendapat dengan JNE dan Bukalapak di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

 

Namun dalam hal ini tentunya, lanjut politisi PDI Perjuangan ini, pemerintah dan regulator harus benar-benar berpihak kepada anak bangsa.  Sehingga kita bisa terlibat secara aktif dan tidak dikebiri dengan cara-cara yang tida fear atau tidak jelas.

 

"Saya lihat baik Bukalapak maupun JNE semua mitra kerjanya adalah UKM yang saat ini Undang-Undangnya sedang kita godok bersama agar paling tidak ini menjadi salah satu upaya kami ke depan untuk memberikan peluang profesi bidang pekerjaan yang tadinya mungkin sebagian besar masyarakat kita lebih condong kepada putra/putrinya untuk bekerja di suatu institusi yang formil, yang terstruktur dan aman. Saat ini bisa menjadi bergeser kepada wirausaha menjadi wiraswastawan atau wirausahawan masing-masing agar mereka bukan bekerja sebagai pegawai tapi membuka lapangan pekerjaan baru," papar Indah.

 

Rapat Pansus RUU Kewirausahaan dengan agenda menjaring masukan dari JNE dan Bukalapak ini, Indah meminta pendapat JNE dan Bukalapak terkait RUU Kewirausahaan ini.

 

"Bagaimana RUU  ini ke depan. Bagaimana para wirausahawan ini semangatnya bisa terbangun dengan peraturan yang implementatif bukan Undang-Undang yang bagus hanya di atas kertas tapi potensi tumpul pada pelaksanaan bahkan bias dan bahkan overlapping dengan peraturan yang berada di bawahnya," imbuhnya. (sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Aparat Diharapakan Lebih Tajam Cegah Terorisme
25-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Dengan telah disahkannya RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (RUU Antiterorisme) menjadi undang-undang, para aparat yang bertugas memberantas terorisme bisa...
DPR dan Pemerintah Setujui RUU Antiterorisme Dilanjutkan ke Paripurna
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
DPR RI dan pemerintah secara aklamasi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan...
Pasal Perlindungan Korban Terorisme Berlaku Surut
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Pasal-pasal dalam RUU Terorisme kini sudah jauh lebih maju. Dan salah satu konten yang terbaru adalah semua korban terorisme di...
Timsin RUU Terorisme Selaraskan Pasal-pasal
24-05-2018 / PANITIA KHUSUS
Tim Sinkronisasi (timsin) Pansus RUU Terorisme masih menyelaraskan pasal-pasal dalam RUU ini, agar tidak saling bertolak belakang. Yang juga masih...