Gubernur BI Diharapkan Jaga Stabilitas Ekonomi

03-04-2018 / PARIPURNA

Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam, Fadli Zon (F-Gerindra)/Foto:Kresno/Iw

 

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia secara resmi menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Dody Budi Waliyo sebagai Deputi Gubernur BI periode 2018-2023. Penetapan dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke- 21. 

 

Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap terpilihnya Gubernur BI dan Deputi BI dapat menjaga stabilitas ekonomi nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global. 

 

“Stabilitas perekonomian harus dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya  untuk memelihara stabilitas nilai tukar rupiah,” ungkap Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

 

Fadli menjelaskan, stabilitas nilai tukar sangat penting, karena kita tahu nilai tukar rupiah saat ini sudah mencapai Rp13.800 jangan sampai naik menjadi Rp15.000 akan sangat memberatkan dan dikhawatirkan akan menjadi awal mula krisis ekonomi. 

 

“Kami berharap Gubernur BI dapat bekerja sesuai tupoksi. Apalagi kita tahu sekarang ini, situasi ekonomi global, kebijakan dari sejumlah negara yang langsung berimplikasi bagi ekonomi Indonesia. Kebijakan moneter dan penguatan rupiah menjadi penting,”  jelasnya.   

 

Sebelum dilantik, Gubernur BI dan Deputi Gubernur BI telah melalui Fit and Proper test yang dilakukan Komisi XI  DPR. (rnm/sc)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
12 Anggota DPR PAW Diresmikan
18-05-2018 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memandu peresmian 12 Anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019 pada...
DPR Terima Laporan Kerangka Ekonomi Makro 2019
18-05-2018 / PARIPURNA
Paripurna DPR Pembukaan Masa Sidang V Tahun 2018 menerima laporan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF)...
Dalam Kondisi Emergency Koopsusgab Memang Diperlukan
18-05-2018 / PARIPURNA
Anggota Komisi I DPR RI Sjarifuddin Hasan menilai dalam kondisi Emergency (darurat-red) Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab) TNI memang diperlukan....
Ketua DPR RI Minta Pemerintah Satu Suara Dalam Pembahasan RUU Terorisme
18-05-2018 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk bersikap satu suara dalam pembahasan RUU Anti Terorisme. Hal tersebut menjadi salah...