Tenaga Medis RS Kasih Ibu Surakarta Cukup Memadai

06-04-2018 / B.U.R.T.

​Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Anthon Sihombing, Foto: Sofyan/od

 

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Anthon Sihombing menilai tenaga medis Rumah Sakit Kasih Ibu di Surakarta, Jawa Tengah sudah cukup memadai untuk melayani peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama), khususnya Anggota DPR RI beserta keluarganya.

 

“Fasilitas rumah sakit ini sudah memadai, rekam jejak dokter juga bagus. Kita harapkan Jasindo bekerja sama dengan RS yang memiliki peralatan, fasilitas dan dokter yang berbobot. Seperti RS ini, masuk kategori berbobot,” kata Anthon usai pertemuan dengan Direksi RS Kasih Ibu di Surakarta, Jateng, Rabu (4/4/2018).

 

Politisi F-PG itu berharap ke depannya agar pelayanan kepada peserta Jamkestama ditingkatkan dengan penggunaan kartu chip, yang memiliki rekam medis. Namun ia mengakui, hal ini cukup sulit untuk direalisasikan, karena harus Anggota Dewan sendiri yang meminta.

 

“Selain itu, perlu ada alat untuk membaca kartu chip itu di rumah sakit masing-masing. Terkait hal ini, akan kita bahas dengan Jasindo, cara mana yang bisa kita pakai ke depannya,” tandas Anthon.

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso mengatakan, rencana kartu yang memiliki chip itu sudah sejak lama disampaikan kepada Jasindo. Menurutnya, jika kartu itu sudah menggunakan chip, artinya dalam chip itu tercatat riwayat kesehatan peserta Jamkestama. Hal itu untuk mencegah RS salah dalam memberikan penanganan.

 

“Ini penting sekali. Jika dokter tidak bisa berkomunikasi dengan pasien, dan ternyata salah diagnosa, itu memberikan efek yang merugikan pasien. Jika pakai kartu, ini memudahkan RS untuk mengetahui riwayat medis pasien itu. Dan memberikan kepastian juga kepada RS untuk memberikan penanganan yang cepat dan tepat,” imbuh Agung.

 

Politisi F-PD itu mengaku, dirinya sudah mengusulkan kepada Ketua BURT untuk mengundang Jasindo, dan mendorong agar Jasindo menggunakan kartu chip yang berisi riwayat medis peserta Jamkestama. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tenaga Medis RS Kasih Ibu Surakarta Cukup Memadai
06-04-2018 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Anthon Sihombing menilai tenaga medis Rumah Sakit Kasih Ibu di Surakarta, Jawa Tengah sudah...
BURT DPR Apresiasi Database yang Dimiliki RS Kasih Ibu Surakarta
06-04-2018 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Hasrul Azwar mengapresiasi database peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama), khususnya Anggota...
Fasilitas RS Kasih Ibu Surakarta Penuhi Syarat Layani Peserta Jamkestama
06-04-2018 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti menilai, fasilitas Rumah Sakit Kasih Ibu di Surakarta, Jawa...
Legislator Harapkan Kerja Sama Jasindo Minimal dengan RS Tipe B
06-04-2018 / B.U.R.T.
Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Fauzih H. Amro mengharapkan kerjasama PT. Asuransi Jasindo dengan rumah sakit provider...